Bakal Dirobohkan, Begini Kondisi Menara Saidah Saat Ini

menara saidah, kondisi menara saidah, gedung mangkrak

jakartapintar.com – Setelah robohnya sebagian Gedung Panin di Bintaro sektor 7 di Tangerang Selatan, Banten, pada 2 Juni 2016 lalu, pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai mengaudit gedung-gedung tinggi yang mangkrak. Pemprov DKI akan merobohkan gedung-gedung yang tidak memiliki kejelasan mengenai pengelolaan ke depannya.

Djarot Saiful Hidayat selaku Wakil Gubernur mengatakan, salah satu gedung yang diaudit yakni Menara Saidah yang berlokasi di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan. Gedung tersebut sudah tak difungsikan dan dibiarkan dalam keadaan kosong. Namun meski tak lagi digunakan, pemilik Menara Saidah tetap menempatkan pegawai untuk menjaga gedung tersebut.

Dikutip dari kompas.com, salah satu penjaga gedung, Surahman (22), yang ditemui pada Senin (17/10/2016), mengutarakan, “Ada terus (yang jaga), enggak pernah sepi”.

Menurut Surahman, Menara Saidah sudah ditutup sekitar tujuh tahun yang lalu. Selain pegawai yang berjaga, pemilik gedung tidak mengizinkan siapa pun masuk ke area Menara Saidah.

Cat bangunan Menara Saidah kini sudah usang. Namun, kaca di setiap lantai gedung masih utuh dan tampak dilapisi plastik. Terdapat bendera Merah Putih yang berkibar di depan gedung tersebut.

Di sekeliling gedung tersebut ditutupi pagar seng yang dicoret-coret. Pagar seng itu disebut sudah dipasang sejak Menara Saidah ditutup. Dari sela-sela pagar seng, terlihat halaman dalam Menara Saidah ditumbuhi rerumputan liar. Area di luar pagar seng juga ditumbuhi rumput serupa. Burung-burung walet dan belalang tampak berterbangan di sana.

Meskipun ditutup, halaman luar Menara Saidah cukup ramai. Hal ini disebabkan adanya halte bus di depan gedung persis yang membuat banyak calon penumpang bus kota menunggu di halte tersebut. Tak hanya itu, tukang ojek juga memarkir motor mereka di luar halaman Menara Saidah, menunggu para penumpang yang hendak menggunakan jasa mereka. Bahkan ada pula pedagang minuman yang berjualan di sana.

 

(Ratih Pratisti)

 

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Comments

comments

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti83 Posts

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password