Kerak Telur Betawi, Jajanan Yang Tak Boleh Dilewatkan Ketika Berkunjung Ke Jakarta

kerak telor,jajanan tradisional, jakarta

 

jakarta.co. Jakarta menjadi ikon Ibu kota Negara Indonesia sejak jaman Kolonial Belanda. Kota yang dulu bernama Batavia ini sudah menjadi pusat pemerintahan dan pusat perdagangan. Banyak kapal-kapal dari Eropa dan dari Benua lain bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok untuk mengangkut dan menurunkan barang dagangan.

Meski kondisi perkembangan jaman telah banyak mengalami perubahan, namun ada banyak tradisi dan warisan peninggalan penduduk asli Jakarta yang merupakan suku Betawi masih bisa kita lihat keberadaannya hingga sekarang. Seperti contohnya kesenian Ondel-ondel dan jajanan khas Betawi yaitu kerak telor.

Makanan asli Kota Jakarta ini memang sudah lumayan sulit ditemukan sekarang ini, tetapi makanan khas Jakarta ini masih menjadi buruan masyarakat Jakarta, yaitu Kerak Telor Jakarta. Kerak Telor adalah makanan traditional dan khas masyarakat Betawi.

Suku Betawi juga disebut masyarakat asli Kota Jakarta. Kerak Telor terbuat dari bahan – bahan beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi (udang kering yang diasinkan), bawang merah goreng, dan dengan beberapa bumbu rempah lainnya.

Kerak Telor Jakarta juga disajikan dengan serundeng, yaitu kelapa setengah tua yang diparut dan disangrai dengan tambahan bumbu seperti bumbu penyedap, daun bawang, dan ikan atau udang kering. Maka dari itu, rasa dari Kerak Telor Jakarta ini sangat gurih karena perpaduan antara rasa telur, ebi, dan serundeng. Tidak salah, makanan ini sangat dicari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara pada saat berpergian ke Kota Jakarta.

Kerak Telor selain memiliki cita rasa yang gurih dan lezat dan menjadi incaran para wisatawan, Kerak Telor Jakarta juga mempunyai seni tersendiri pada cara proses pembuatannya lho! Proses membuatnya pun tergolong unik yaitu dengan cara wajan dibalik menghadap ke arah arang dari anglo lalu dibiarkan menjadi kerak. Membuat Kerak Telur Khas Betawi ini juga tidak menggunakan kompor. Jadi, kita akan merasakan sendiri keunikan dan sensasi yang khas dari masakan khas Jakarta ini karena penggunaan anglo.

Memang, lumayan sulit menemukan penjual kerak telor di Jakarta sekarang ini. Tapi, kita yang sudah tidak sabar mencicipi kuliner tradisional khas Betawi ini, kita dapat menemukan Penjual Kerak Telor Khas Betawi di sekitar daerah Kota Tua Jakarta dan Setu Babakan Jakarta. kita bisa juga menetumukan penjual kerak telor pada acara atau event Kota Jakarta seperti pada saat event Pekan Raya Jakarta (PRJ). Harga satu porsi Kerak Telor Jakarta bervariasi antara Rp 15.000 -Rp 25.000. Bagi kita yang hobi kuliner bersama keluarga atau teman – teman, makanan khas ala Betawi ini pastinya tidak boleh dilewatkan! Selamat mencicipi Kerak Telor

Comments

comments

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password