Mendalami Lebih Jauh Sosok Triwisaksana

Triwisaksana, PKS, politik

jakartapintar.com – Mungkin sebagian masyarakat belum mengetahui siapa itu Triwisaksana. Triwisaksana terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta periode 2010-2015 melalui Daerah Pemilihan Jakarta Selatan. Ia memangku amanah sebagai Wakil Ketua DPRD. Namanya semakin mencuat ketika ia dikabarkan akan mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2017 kelak. Siapakah sebenarnya Triwisaksana ini?

Triwisaksana lahir di Jakarta pada 9 Juli 1971. Ia menyelesaikan pendidikan SD dan SMP di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara. Ia adalah lulusan SMA 1 Budi Utomo pada tahun 1989. Triwisaksana melanjutkan kuliah S1 di Jurusan Teknik Elektro, Universitas Trisakti Jakarta dan di wisuda pada tahun 1995.

Setelah lulus Triwisaksana mengajar di Universitas Mercu Buana. Mearasa ingin terus mendalami ilmu, ia pun berangkat ke Inggris untuk mendalami studi Teknik Elektro di Birmingham University. Ia mendapat gelar Master of Science pun pada tahun 1999. Pada tahun 1994 Triwisaksana dengan seorang perempuan bernama Lilia Sari, sarjana S1 jurusan Bahasa Inggris dari Universitas Indonesia.

Persinggungan yang terjadi antara ayah empat orang anak dengan PKS ini telah diawali sejak PKS berdiri di tahun 1998, yaitu pada saat PKS masih sebagai Partai Keadilan. Saat itu Triwisaksana menjabat sebagai Pengurus Pusat Informasi PK (PIPK) Cabang Inggris Raya. Pada tahun 2005, Triwisaksana diangkat menjadi Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta. Sementara dalam Musyawarah Wilayah PKS tahun 2010, Triwisaksana resmi menjadi Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS untuk periode jabatan tahun 2010-2015. Jabatan lain yang disandang Triwaksana yaitu Ketua Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD DKI Jakarta. Balegda merupakan organ penting DPRD DKI untuk menggodok peraturan-peraturan yang dapat menentukan wajah Kota Jakarta masa kini dan masa mendatang. Pada tahun 2010, Balegda DPRD DKI berhasil menyelesaikan agenda legislasi daerah sebanyak 23 Peraturan Daerah.

Selain aktif dalam politik, Triwisaksana juga aktif di berbagai kegiatan kemasyarakatan. Ia adalah Pembina Baitul Maal Sejahtera (BMS), sebuah lembaga keuangan mikro yang mendedikasikan diri untuk mengentaskan kemiskinan, mengurangi ketergantungan pada rentenir dan memberikan modal bagi usaha kecil dan menengah dengan model keuangan syariah. Triwisaksana juga menjadi Pembina Yayasan Pendidikan Aulia dan juga Pembina organisasi Relawan Jakarta.

Berikut biografi singkat Trwisaksana:

Nama Lengkap : Triwisaksana
Tempat / Tanggal Lahir : Jakarta, 9 Juli 1971
Agama : Islam

Riwayat Pendidikan

  • SDN 01 Gunung Sahari, Jakarta
  • SMPN 5 Pasar Baru, Jakarta
  • SMAN 1 Boedi Oetomo, Jakarta (1989)
  • S1 Universitas Trisakti (1995)
  • S2 University of Birmingham, United Kingdom (1999)

Riwayat Pekerjaan

  • Wakil Ketua DPW PKS DKI Jakarta
  • Sekum DPW PKS DKI Jakarta
  • Pelaksana Harian Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta
  • Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta (2005)
  • Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS (2010-2015)
  • Ketua Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD DKI Jakarta
  • Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta (2010-2015)
  • Dosen/Wirausaha
  • Komisari PT. Transtama Logistik
  • Komisaris PT. Healthwise Indonesia

Semoga profil singkat Triwisaksana ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda.

 

(Ratih Pratisti)

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Comments

comments

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti83 Posts

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password