Profil Tri Rismaharini, Walikota Wanita Pertama di Indonesia

Tri Rismaharini, Walikota Surabaya, politik

jakartapintar.com – Walikota Risma, begitu orang mengenalnya. Ia menjadi walikota wanita pertama di Indonesia yang dipilih secara langsung. Walikota Surabaya ini begitu dikenal masyarakat dengan sikap tegas dan keteguhan pada prinsipnya. Karena hal inilah kemudian Risma dijuluki sebagai salah satu Sri Kandi.

Wanita kelahiran  Kadiri, Jawa Timur pada tanggal 20 November 1961 ini adalah seorang sarjana arsitektur Institute Teknologi Sepuluh November. Selepas menempuh S1, ia melanjutkan pendidikannya di kampus yang sama dengan jurusan Managemen Pembanguan Kota. Karir berpolitiknya dimulai ketika ia menjadi salah satu kader dari partai PDIP. Ibu dengan dua orang anak, Fuad Bernardi dan Tantri Gunarni Saptoadji ini telah bekerja di pemerintahan dengan berbagai posisi sebelum menjadi seorang walikota.

Risma menjabat sebagai kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Ruangan Tanah Bappeko pada tahun 1997 hingga tahun 2000. Kemudian tahun 2001 ia berganti posisi sebagai Kepala Saksi Pendataan dan Penyuluhan Dinas Bangunan Kota Surabaya. Ia juga pernah menduduki jabatan sebagai Kepala Bagian Bina Bangunan pada tahun 2002.

Risma menjadi walikota Surabaya menggantikan walikota sebelumnya yaitu Bambang Dwi Hartono, yang kemudian menjadi wakilnya. Mereka merupakan kader PDI-P. Risma memenangkan pilkada dengan 358.187 suara. Salah satu bukti keberhasilan Risma sebagai walikota Surabaya adalah pada tata letak Surabaya yang semakin menjadi asri, indah, dan juga sejuk. Sebelum menjadi walikota Risma, yaitu ketika ia menjadi kepala bagian DKP, ia juga telah berpartisipasi dalam pengembangan Surabaya. Tugas tersebut tetap ia lanjutkan ketika ia menjabat sebagai Walikota.

Berikut biografi singkat Tri Rismaharini:

Nama Lengkap : Tri Rismaharini
Tempat / Tanggal Lahir : Kediri, 20 November 1961
Agama : Islam
Suami : Ir. Djoko Saptoadji
Anak : Fuad Bernardi & Tantri Gunarni Saptoadji

Riwayat Pendidikan

  • SMP Negeri X Surabaya (1976)
  • SMU Negeri V Surabaya (1980)
  • S-1 Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) (1987)
  • S-2 Manajemen Pembangunan Kota Surabaya ITS (2002)

Riwayat Pekerjaan

  • Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Bappeko Surabaya (1997-2000)
  • Kepala Seksi Pendataan dan Penyuluhan Disbang (2001)
  • Kepala Cabang Dinas Pertamanan (2001)
  • Kepala Bagian Bina Bangunan (2002)
  • Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan (2005)
  • Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (2010)
  • Wali Kota Surabaya (2010-2015)

Demikian profil singkat dan kisah perjalanan karir Tri Rismaharini. Semoga dapat menginspirasi Anda.

 

 

(Ratih Pratisti)

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Comments

comments

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti84 Posts

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password