Ingin Tau Penyebab dan Solusi Mengenai Masalah Sampah di Jakarta ?

Ingin Tau Penyebab dan Solusi Mengenai Masalah Sampah di Jakarta ?

jakartapintar.com – Setiap orang bisa dikatakan pasti pernah membuang sampah. Membuang sampah sendiri sudah menjadi budaya di Indonesia karena semua orang baik yang muda maupun tua itu sendiri menjadikan perilaku membuang sampah sebagai hal yang sudah biasa dilakukan dimanapun juga. Masalah membuang sampah memang sudah menjadi momok masyarakat di berbagai kota besar Indonesia, khususnya Jakarta. Jakarta sebagai ibukota Indonesia merupakan kota yang terkenal dengan kemacetan dan banjir.

Anda pasti tahu apa yang menyebabkan Jakarta menjadi langganan banjir tiap tahunnya ? Salah satunya adalah sampah, kesadaran masyarakat Jakarta dalam menjaga kebersihan lingkungan terutama dalam hal membuang sampah memang masih sangat minim. Hal tersebut dilihat dari enggannya warga ibu kota untuk membuang sampah pada tempatnya, dan masih adanya bangunan liar yang didirikan di bantaran sungai dan saluran air yang menunjukan bahwa tidak adanya rasa kepedulian warga Jakarta terhadap lingkungan.

Beberapa masalah yang menyebabkan banyaknya sampah di Jakarta adalah sebagai berikut.

1. Kurangnya jumlah tempat-tempat sampah di tempat-tempat umum, pembagian tempat samapah sendiri harus dipisahkan mana yang organik dan mana tempat sampah untuk anorganik agar sampah mudah untuk diolah nantinya.
2. Kurangnya slogan-slogan yang menjelaskan mengenai manfaat lingkungan yang bersih dan larangan untuk membuang sampah.
3. Perilaku masyarakat karena sistem kepercayaan masyarakat kota Jakarta terhadap perilaku dalam membuang sampah. Hal itu sudah berada dalam alam bawah sadar mereka bahwa membuang sampah sembarangan bukan menjadi hal yang salah dan wajar untuk dilakukan.
4. Pengaruh lingkungan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan perilaku membuang sampah sembarangan tidak akan pernah lepas dari masyarakat karena kebanyakan orang lebih memilih untuk melakukan imitasi atau meniru padahal hal tersebut merupakan perilaku yang buruk.
5. Seseorang akan melakukan hal yang menurut mereka lebih mudah untuk dilakukan, seperti orang tidak akan membuang sampah sembarangan apabila banyak tersedia tempat sampah di jalan dan tempat-tempat umum.
6. Tempat yang kotor, kumuh, dan dipenuhi banyak sampah bisa membuat orang meyakini bahwa membuang sampah sembarangan diperbolehkan di tempat tersebut. Mereka bahkan juga tanpa ragu untuk membuang sampah disana.
7. Kurang banyaknya jumlah tempat sampah yang disediakan sehingga membuat orang jadi kesulitan untuk membuang sampah.

Solusi agar masalah sampah biasa teratasi adalah sebagai berikut.

1. Semuanya dimulai dari diri kita sendiri yaitu dengan menanamkan dalam diri dan hati kita untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dan selalu berusaha untuk hidup bersih dan sehat.
2. Budayakan untuk melakukan kerja bakti di lingkungan Anda minimal 1 bulan 2-3 kali sehingga toleransi dan kehangatan bisa terbentuk dengan baik antar tetangga.
3. Memanfaatkan kembali barang bekas seperti, botol, plastik, kaca agar mengurangi sampah-sampah yang ada.
4. Yang terakhir adalah selalu mengingatkan diri sendiri, keluarga, dan teman untuk melakukan hal-hal diatas. (Nani Maryani)

Nani Maryani

Nani Maryani

Seorang Mahasiswa di salah satu Universitas di Yogyakarta. Writing is Everything.

More Posts - Website

Follow Me:
Facebook

Comments

comments

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password