Apa itu Valuta Asing dan Fungsinya?

valuta asing, fungsi valas, pembayaran internasional

jakartapintar.com – Berbicara mengenai bank di Indonesia, telah kita ketahui Idnonesia memiliki sederet bank sebgai penyimpanan uang. Dimulai dari bank yang dikelola oleh swasta hingga bank yang dikelola oleh negara. Adanya bank ini pun dimanfaatkan oelh banyak pihak untuk berbagai kepentingan, mulai dari fungsi umumnya sebagai tempat menyimpan uang gaji, atau memang dikhususkan untuk rekening jual beli barang. Bahkan tak jarang pula yang memanfaatkan bank sebagai pembayaran kepentingan ekspor impor barang. Padahal selain hal tersebut masih ada yang disebut dengan valuta asing. Seperti apakah itu valuta asing? Apakah fungsi dari valuta asing? Berikut uraiannya.

Pengertian Valuta Asing (Valas)

Bagi sebagian orang yang telah lama berkecimpung dalam dunia bisnis dengan melakukan transaksi pembayaran menggunakan kurs mata uang asing tentu tidak lagi merasa asing dengan valas. Valuta asing atau yang biasa disebut valas ini adalah mata uang yang digunakan dan mudah diterima dalam dunia perdagangan internasional. Selain untuk keperluan perdagangan, valas juga dimanfaatkan untuk pembayaran biaya kuliah bagi mereka yang melanjutkan studinya di luar negeri.

Fungsi Valuta Asing

Valuta asing atau valas sendiri memiliki peran yang cukup besar, terlebih kaitannya dengan luar negeri. Valas menajdi hal utama yang diperlukan bagi perdagangan internasional dalam suatu negara. Berikut adalah fungsi valas yang perlu diketahui:

  • Valas berfungsi sebagai alat tukar internasional

Valuta asing dapat digunakan sebagai alat perantara untuk mengadakan tukar-menukar barang ataupun jasa dengan negara lain. Misalnya saja Indonesia mengimpor mobil dari Amerika. Pembayarannya menggunakan valuta asing, yaitu dengan Dollar Amerika Serikat ($).

  • Valas berfungsi sebagai alat pembayaran internasional

Saat pemerintah memiliki hutang dari negara lain, pembayaran cicilan hutang beserta bunga hutang harus dilakukan menggunakan mata uang negara tersebut atau istilahnya valuta asing. Dalam hal ini valas berfungsi sebagai alat dalam melakukan pembayaran dengan negara lain.

  • Valas berfungsi dalam mengendalikan kurs

Kurs dapat diartikan sebagai nilai mata uang suatu negara terhadap nilai mata uang negara lain, seperti yang diketahui bahwa kurs mata uang suatu negara bisa menguat ataupun melemah. Disinilah peran valas dalam mengendalikan kurs.

  • Valas memperlancar proses perdagangan internasional

Valuta asing (valas) mempermudah dan memperlancar suatu negara dalam melangsungkan transaksi perdagangan dengan negara lain. Bayngkan jika tidak ada valuta asing maka perdagangan hanya dapat dilakukan dengan cara tukar-menukar barang dengan barang ataupun barter. Hal inilah yang menjadikan valas sangat dibutuhkan dalam proses perdagangan internasional.

Cara Mendapatkan Informasi Kurs Valuta Asing

Canggihnya teknologi saat ini tentu memberikan banyak dampak positif bagi kita. Salah satunya memudahkan dalam mengakses informasi seputar valas. Tidak hanya sebatas dalam dunia perdagangan saja, bagi mahasiswa yang kuliah diluar negeri pun dapat memanfaatkan valas dalam mengirim dan membayar uang kuliah. Untuk dapat mengakses informasi seputar valas saat ini sangatlah mudah. Salah satu contohnya yaitu bank swasta BCA yang memiliki fasilitas e-Rate yang merupakan kurs real time yang dapat Anda gunakan untuk bertransaksi. Informasi mengenai nilai kurs ini bisa Anda cek langsung melalui ATM BCA, KlikBCA, dan BCA mobile. Dengan begitu, Anda dapat langsung melakukan transaksi di e-Banking dengan nilai kurs yang tertera.

 

(Ratih Pratisti)

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Comments

comments

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti83 Posts

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password