5 Tokoh Politik Paling Kontroversial Tahun 2015

kontroversial, politik, 2015

jakartapintar.com – Banyaknya kontroversi yang bermunculan di tahun 2015 perlu direview kembali mengenai bagaimana perkembangannya dalam setahun terakhir ini. Terutama dalam bidang politik yang tak dapat dipungkiri mengalami banyak kontroversi di tahun 2015. Beberapa tokoh politik sempat menghebohkan tanah air akibat beberapa hal. Sebut saja Setya Novanto yang beberapa waktu terakhir menggemparkan masyarakat akibat namanya disebut dalam kasus Freeport. Tidak hanya Setya Novanto, masih banyak tokoh politik yang terjerat kasus di tahun 2015. Berikut review 5 tokoh politik kontroversial di tahun 2015.

1. Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) yang satu ini sempat menghebohkan publik dari setiap kebijakan yang diterapkannya. Bagaimana tidak? Masyarakat sempat dihebohkan dengan berita penghancuran kapal-kapal yang mencuri ikan di perairan tanah air yang dicetuskan oleh Menteri Susi ini. Tak hanya itu, kebijakan terbaru yang dikeluarkan Menteri Susi adalah melindungi sektor perikanan dan melindungi nelayan kecil. Hal ini dilakukannya dengan mengeluarkan pelarangan menangkap ikan skala industri di zona laut 0 hingga 4 mil dari bibir pantai. Bahkan yang paling menghebohkan dari kebijakan Menteri Susi ini adalah meminta seluruh pegawainya masuk 1 jam lebih awal daripada kementrian lain. Belakangan ini ia juga mewanti-wanti seluruh pegawainya, agar menggunakan anggaran negara 2016 senilai Rp 13,8 triliun untuk kegiatan produktif.

2. Rizal Ramli

Tokoh politik selanjutnya yang dianggap kontroversial tahun ini yaitu Rizal Ramli. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya ini terus menjadi sorotan sepanjang 2015. Pasalnya, ia sempat mengeluarkan statement terkait jurus rajawali ngepret. Menurutnya jurus ini sengaja dilakukan untuk mengatasi masalah di Indonesia dengan lebih cepat. Rizal Ramli menyatakan ingin menjadi agen perubahan dalam setiap jabatan atau tempat yang dipijak. Ia juga mencanangkan budaya bersih Indonesia.

3. Fadli Zon

Tokoh politik yang satu ini tentu kita tahu kontroversi apa yang sempat menghebohkan namanya. Apalagi jika bukan kunjungan kerja Partai Gerindra ke Amerika Serikat. Di tengah kunjungan kerja tersebut, Fadli dan Setya Novanto tampak hadir di kampanye calon presiden AS Donald Trump. Banyak pihak yang menyayangkan kejadian tersebut dan menganggap melecehkan martabat DPR dan bangsa Indonesia. Sebagai Ketua DPR, Fadli pun tetap mendapatkan sanksi ringan dari Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

4. Sudirman Said

Masih terngiang dengan hebohnya hastag Papa Minta Saham beberapa waktu yang lalu? Hal ini bermula dari laporan Sudirman Said yang berkedudukan sebagai Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Majelis Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat (MKD). Yang membuat heboh, dalam laporannya ia mencatut nama presiden dan wakil presiden. Sudirman melaporkan kasus dugaan pencatutan nama ini kepada MKD di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, pada Senin 16 November 2015. Ketua DPR Setya Novanto disebut-sebut sebagai pihak yang mencatut nama tersebut. Anggota dewan itu diduga menjanjikan kelancaran proses perpanjangan operasi PT Freeport Indonesia dengan imbalan saham.

5. Setya Novanto

Inilah tokoh yang paling menghebohkan tanah air belakangan ini. Setelah namanya disebut-sebut dalam laporan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said ke Majelis Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat (MKD), Ketua DPR Setya Novanto akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya. melalui pengajuan surat pengunduran diri, Setya Novanto secara remsi menyatakan pengunduran dirinya. Surat ini dibacakan pimpinan MKD pada sidang Rabu 16 Desember 2015 lalu. Setya Novanto juga menyatakan permintaan maafnya pada seluruh masyarakat tanah air. Menurutnya, pengunduran diri ini sebagai bentuk penghormatan kepada seluruh rakyat.

Itulah tadi beberapa tokoh politik kontroversial di tahun 2015. Terlepas dari apapun kasus yang mereka alami, semoga di tahun depan akan muncul tokoh-tokoh politisi baru yang dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Tentunya kita berharap kasus yang mencoreng Indonesia dapat diminimalisir.

(Ratih Pratisti)

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Comments

comments

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti84 Posts

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password