Profil Muhammad Idrus, Pengusaha Muda Cilincing yang Merambah Dunia Politik

muhammad idrus, pks, cilincing

jakartapintar.com – Sosok Muhammad Idrus menjadi bahan pembicaraan publik beberapa waktu terakhir. Ia menjadi buah bibir terkait pencalonan dirinya pada pilgub DKI 2017 kelak. Namanya pun semakin dikenal publik karena ia maju dalam pilgub dengan menggandeng Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Laki-laki kelahiran Betawi, 28 Maret 1978 ini tinggal di Kalibaru Barat, Cilincing. Tak dapat terelakkan, ia mengetahui dengan baik seperti apa dinamika warga dari beragam latar belakang.

Idrus adalah alumni dari Sekolah Dasar Negeri 07 di Kalibaru. Setelah lulus SD, ia pun melanjutkan ke SMP Negeri 53 Jakarta dan memilih SMA Negeri 13 Jakarta sebagai pendidikan menengah atas. Pada tahun 2001, Idrus berhasil menyandang gelar sarjana dari Fakultas Teknik Metalurgi, Universitas Indonesia. Ia selalu bertekad ingin menjadi insinyur seperti B.J. Habibie. Oleh karena tekadnya tersebut, ia memulai belajar bisnis di usia muda. Dari membuka usaha persewaan (rental) dan kursus komputer yang diberi nama X_Baru.Com. hingga usaha toko besi bernama PD Insan Gemilang pun dilakoninya.

Dari pengalaman berbisnis itu Idrus kemudian mendirikan perusahaan Kinan Group yang bergerak di bidang pertukaran valuta asing, manufaktur serta pengembang perumahan dan pemukiman asri. Tak hanya menjadi CEO Kinan Group, ia juga tercatat menjabat sebagai Komisaris Independen Asuransi Mitra Maparaya Tbk, CEO Inilah.com, dan lain-lain (Chief Executive Officer). Sosoknya yang sangat peduli terhadap orang lain membuatnya mendapatkan amanah sebagai Sekretaris Umum APVA (Asosiasi Pedagang Valuta Asing) DKI Jakarta. Ia juga didaulat menjadi Ketua Umum APVA Indonesia untuk periode 2012-2015.

Berbagai organisasi pun pernah dimasukinya. Ia pernah menduduki jabatan sebagai Ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Jawa Barat dan Ketua Departemen Infrastruktur Laut dan Sungai di BPP HIPMI. Jabatan yang saat ini disandangnya adalah Ketua Kompartemen Modal dan Investasi BPP HIPMI. Tentu saja pengalaman organisasi ini didapatnya sejak SMP yang menjadi pengurus OSIS dan menjadi Wakil Ketua Rohis saat SMA. Di lingkungannya, Idrus sendiri pernah ikut organisasi anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Karang Taruna. Kini Muhammad Idrus tengah berjuang untuk membangun Indonesia agar menjadi masyarakat yang adil dan makmur dengan mencalonkan diri dalam pilgub dan dengan slogannya “Jakarta Keren”.

 

(Ratih Pratisti)

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Comments

comments

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti84 Posts

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

1 Comment

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password