PLN Bangun Jaringan Listrik Jakarta-Banten Untuk Cegah Byar Pet

PLN Bangun Jaringan Listrik Jakarta-Banten Untuk Cegah Byar Pet

jakartapintar.com – PLN atau PT Perusahaan Listrik Negara kini sedang gencar-gencarnya membangun jaringan listrik di daerah Jakarta-Banten sehingga pasokan listrik dari Jakarta sampai Banten semakin lancar yang nantinya akan mengurangi Byar-pet.

“Kalau neraca daya (listrik Jakarta-Banten) kan sudah dibilang aman, jadi sekarang yang harus kita kejar adalah pembangunan jaringan transmisi dan distribusi secara lebih dalam. Hal yang terpenting adalah program pembangunan itu harus kita kejar dan kita laksanakan,” jelas Murtaqi Syamsuddin selaku Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Bagian Barat, setelah peresmian Gardu Induk Milenium di Tangerang, Selasa (23/2/2016) kemarin.

Beberapa Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi juga ikut dibangun untuk memperkuat pasokan listrik ke daerah Jakarta-Banten. “Kebutuhan listrik semakin tumbuh, jadi ada beberapa GITET yang memang harus kita bangun lagi. GITET Balaraja ini sudah 4 trafo, kemudian GITET Lengkong, GITET Muara Karang, GITET Tanjung Priok, GITET Duri Kosambi, kemudian tambahan trafo di Gandul, itu untuk memperkuat listrik Jakarta,” jelas Murtaqi.

Menurut Murtaqi, PLN berencana untuk membangun 53 Gardu Induk atau GI di Jakarta dan Banten hingga tahun 2019. Meskipun hal tersebut tidak mudah, PLN tetap berupaya semaksimal mungkin agar beberapa infrastruktur tersebut bisa dibangun secepatnya.

“Terdapat 53 GI yang harus dibangun, nggak sampai 10 yang kita selesaikan di tahun 2015. Kalau 53 itu harus selesai sebelum 2019 berarti kira-kira harus lebih dari 10 GI tiap tahun. Belum lagi seksi transmisinya. Hal ini memang bukan pekerjaan mudah,” jelasnya.

Pembebasan lahan merupakan masalah terbesar yang dihadapi oleh PLN dalam rencana pembangunan gardu dan jaringan listrik. Apalagi di wilayah Jakarta dan Banten yang merupakan kawasan padat penduduk, kebanyakan penduduk menolak tempat tinggalnya dilalui oleh jaringan transmisi listrik. Solusi terbaik untuk masalah ini adalah PLN membangun jaringan transmisi dengan kabelnya ditanamkan dibawah tanah. Kabel-kabel 150 kV dipendam hingga 3 meter dibawah tanah untuk jaringan transmisi listrik.

“Untuk kawasan kota Jakarta,  PLN akan menggelar kabel-kabel bawah tanah, kabel underground yang sekarang sudah mulai diperkenalkan,” tambahnya. Robert A Purba selaku General Manager PLN Unit Induk Pembangunan V menjelaskan bahwa di Jakarta dan Banten tahun ini akan mulai dibangun jaringan transmisi sepanjang 169 km. Sejumlah konduktor yang berfungsi sebagai penghantar energi listrik juga akan diganti agar kapasitasnya bisa lebih besar dan melancarkan pasokan listrik ke masyarakat.

Pada tahun ini 9 GI dengan kapasitas total 1520 MVA akan selesai dibangun untuk wilayah Jakarta-Banten. Total dana yang dikeluarkan oleh PLN untuk pembangunan GI dan jaringan transmisi di Jakarta-Banten tahun ini mencapai Rp 3 triliun.

(Nani Maryani)

Nani Maryani

Nani Maryani

Seorang Mahasiswa di salah satu Universitas di Yogyakarta. Writing is Everything.

More Posts - Website

Follow Me:
Facebook

Comments

comments

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password