Ridwan Kamil Putuskan Tak Ikut Pilkada DKI 2017 Mendatang

ridwan kamil, pilkada DKI 2017, walikota Bandung

jakartapintar.com – Netizen tengah dihebohkan dari sebuah pengumuman yang berasal dari fanpage resmi sang walikota Bandung, Ridwan Kamil. Pasalnya, dalam fan page tersebut, Ridwan Kamil menyatakan secara resmi dirinya tidak ikut serta dalam Pilkada 2017 mendatang.

Seperti yang diketahui, menjelang Pilkada DKI kelak, semakin banyak tokoh politik yang dikabarkan akan mencalonkan diri, termasuk Sandiaga Uno, Ahok, dan tak lepas juga Ridwan Kamil disebut-sebut akan mencalonkan diri. Namun pernyataan Ridwan Kamil yang diunggah di fan page Ridwan Kamil pada Senin (29/02/2016) ini justru sebaliknya, bahwa ia tidak mencalonkan diri pada pemilihan gubernur kelak.

Walikota Bandung yang dikenal akan keramahan dan berbagai ide kreatifnya dalam membangun Bandung ini mengungkapkan bahwa alasan ia tak maju dalam pilkada tersebut karena ia belum menyelesaikan tugasnya sebagai walikota Bandung.

“Masalah batin saya hanya satu. Saya belum selesai menunaikan tugas sebagai Walikota Bandung. Andai pilkada di Indonesia ini bisa serempak awal dan akhirnya, tentu tidak akan ada dilema seperti ini. Jika pilkada bisa serempak semua, tidak akan ada stigma pemimpin kutu loncat bagi mereka yang ingin mengabdi ke jenjang lebih tinggi. Dan jika mengikuti hawa nafsu dan hitungan matematika pilkada, pastilah saya tidak banyak berpikir panjang. Namun hidup tidaklah harus selalu begitu. Saya ingin bahagia tanpa mencederai. Saya ingin menang tanpa melukai,” tuturnya di media sosial Facebook.

Ridwan Kamil mengaku, sosok yang memberikan pengaruh dalam menentukan sikapnya saat ini adalah warga Bandung, terutama ibunya yang juga berkedudukan sebagai warga Bandung. Ibunya yang belum merestui Ridwan Kamil untuk maju ke pilkada DKI membuatnya berpikir panjang dan pada akhirnya ia mengambil keputusan untuk lebih fokus memperbaiki Bandung terlebih dahulu.

“Dan yang terberat, warga Bandung mayoritas tidak mengijinkan saya pergi sebelum menyelesaikan tugas. Di dalam kata ‘warga Bandung’ terkandung di dalamnya suara relawan yang dulu berjibaku memenangkan saya, suara keluarga saya dan suara mentor hidup saya yaitu ibu kandung saya, yang tidak merestui kemanapun sebelum niat selesaikan periode pertama kewalikotaan Bandung ini tunai. Semoga warga Bandung juga memahami, bantu saya dengan aktif menaati aturan dan berpatisipasi aktif dalam program-program pemkot, agar Bandung Juara berkat usaha bersama,” jelas Ridwan Kamil.

Bagi Ridwan Kamil, ia mungkin bisa ke Jakarta, namun tidak dalam waktu dekat. “Saya masih ingin menyelesaikan mimpi-mimpi besar di di Bandung, ibukota solidaritas Asia Afrika dan kota desain Unesco ini. Insya Allah banyak hal di Bandung akan menginspirasi Indonesia dan dunia. Oleh karena itu saya memutuskan dengan akal sehat dan jernih hati untuk tidak maju sebagai calon Gubernur Jakarta 2017,” lanjutnya.

Di akhir pernyataan tersebut, Ridwan Kamil pun memohon maaf pada pihak yang mungkin menyayangkan dan kecewa dengan keputusannya tersebut. “Mohon maaf lahir batin jika keputusan ini mengecewakan semua pihak yang sudah bersemangat menyampaikan aspirasi agar saya maju ke Jakarta di tahun 2017. Insya Allah semua indah pada waktunya,” tuturnya memohon maaf.

Tak lupa, di akhir kalimatnya, Ridwan Kamil yang dikenal sering bergurau dengan topik para jomblo ini pun memberikan komentar uniknya. “Dan walau gak nyambung, seperti biasa, bagi para jomblo, bersegeralah menikah agar panjang umur,” tutupnya.

 

(Ratih Pratisti)

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Comments

comments

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti84 Posts

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password