Ingin Tahu 11 Tips Bersihkan Rumah Setelah Banjir ?

Ingin Tahu 11 Tips Bersihkan Rumah Setelah Banjir ?

jakartapintar.com – Kota Jakarta memang sudah tidak bisa terlepas dengan yang namanya banjir. Setelah beberapa lama, banjir di kota Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia mulai surut. Masalah yang diakibatkan oleh banjir sangatlah banyak, tidak hanya merusak harta benda yang ada, menyebabkan kerusakan lingkungan dan kesehatan, bahkan banjir juga bisa mencabut nyawa seseorang.

Salah satu penyakit ancaman yang disebabkan oleh banjir adalah gatal-gatal bahkan demam berdarah, hal itu disebabkan karena polusi udara didalam ruangan akibat air dan kotoran yang masuk ke dalam rumah. Apabila dalam jangka waktu dua hari kotoran tersebut tidak dapat dibersihkan maka jamur akan berkembang biak dengan cepat.

Environmental Protection Agency atau EPA, sebagai lembaga perlindungan lingkungan dari Amerika Serikat, mengeluarkan panduan atau cara membersihkan rumah pasca bencana banjir. Berikut beberapa tips untuk membersihkan rumah setelah banjir.

1. Membersihkan dan mengeringkan rumah serta segala macam perabotan dan alat yang berada didalamnya. Maka dari itu, rumah Anda akan terbebas dari jamur, hama, dan penyakit.
2. Segera memeriksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gangguan kesehatan karena jamur akan dengan mudah memicu munculnya penyakit bagi para penderita alergi, asma, dan gangguan pernafasan.
3. Segera perbaiki pipa-pipa dan fasilitas air yang bocor, bersihkan jamur dan kotoran agar tidak semakin berkembang biak. Jika gangguan jamur semakin parah maka sebaiknya Anda mengundang jasa profesional untuk membersihkannya.
4. Gunakan pelindung mata dan masker agar jamur tidak masuk ke dalam mata.
5. Jika Anda ingin menghindari menyentuh jamur dengan tangan telanjang maka gunakanlah sarung tangan.
6. Jika bisa, gunakan masker udara dengan tipe N-95 untuk mencegah masuknya jamur kedalam tubuh Anda.
7. Gunakan celana dan baju berlengan panjang ketika membersihkan rumah. Jangan lupa juga untuk memakai sepatu bot atau sepetu kerja untuk menghindari terkena benda tajam atau jamur.
8. Sebaiknya membuang barang-barang yang sudah terendam air tetapi tidak bisa dibersihkan.
9. Bersihkan dan keringkan wilayah dengan permukaan yang keras seperti tempat mandi, meja dapur dll. Gunakan pula detergen yang bisa membasmi jamur.
10.Jangan mencampurkan produk-produk pembersih atau pemutih kedalam bahan kimia lain karena akan sangat berbahaya.
11.Ketika banjir biasanya pasokan listrik akan dimatikan sehingga Anda akan terpaksa menggunakan generator portabel untuk memasok listrik. Akan tetapi, asap dari generator portabel ini bisa membunuh Anda hanya dalam beberapa menit.

Maka dari itu, letakkan generator listrik Anda jauh dari rumah. Sebagai peringatan, jangan pula menggunakan generator didalam rumah terutama garasi, balkon, bawah jendela atau didekat pintu ventilasi. Selain itu juga jangan pernah meletakkan generator didekat tempat tidur anak dan jangan pula meletakkan generator diantara dua rumah yang saling berdekatan atau ditempat parkir mobil.

(Nani Maryani)

Nani Maryani

Nani Maryani

Seorang Mahasiswa di salah satu Universitas di Yogyakarta. Writing is Everything.

More Posts - Website

Follow Me:
Facebook

Comments

comments

1 Comment

  • Jasa Pembasmi Hama Reply

    May 19, 2016 at 2:14 am

    yang terbaik adalah mencegah ada nya banjir dengan menjaga lingkungan menjado bersih dan terkelola denga baik saluran air nya 🙂

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password