Kisah Ahmad Dhani: Sukses Menjadi Musisi, Kini Terjun Berpolitisi

profil ahmad dhani, pilkada 2017, PKB

jakartapintar.com – Siapa yang tak kenal dengan sosok Ahmad Dhani? Musisi yang karya-karyanya selalu mendapat pujian masyarakat kini tengah banyak menjadi perbincangan. Bukan karena ia mengeluarkan karya terbaru, namun pernyataan dirinya yang akan mencalonkan diri di Pilkada DKI 2017. Seperti apakah sosok dari ayah Al Ghazali ini?

Dhani Ahmad Prasetyo atau yang kerap dipanggil Ahmad Dhani ini lahir di Surabaya pada 26 Mei 1972. Ia adalah leader dari grup band Dewa 19 dan juga personel grup band The Rock. Dhani adalah pemilik sekaligus pimpinan di Republik Cinta Management. Telah beberapa kali ia mengorbitkan artis lewat manajemennya tersebut.

Bakat musik Dhani terlihat saat ia duduk di bangku SMP. Ia adalah alumni SMPN 6 Surabaya. Pada 1986, Dhani bersama 3 orang sahabatnya Andra Junaidi, Erwin Prasetya, dan Wawan Juniarso, mendirikan mendirikan grup band Dewa dengan posisi Dhanis pada vocal dan keyboard. Rasa kecintaannya pada musik pernah membuatnya bolos sekolah dan memilih berkumpul bersama teman-temannya di DEWA untuk sekedar memainkan alat musik di rumah Wawan di kawasan komplek Universitas Airlangga. Dhani semula yang menteng di jalur rock, kemudian mencoba jalur musik jazz yang kemudian diikuti perubahan nama Dewa menjadi Downbeat. Bersama Downbeat, Dhani sempat menjuarai Festival Jazz Remaja se-Jawa Timur, juara I Festival band SLTA ’90 atau juara II Djarum Super Fiesta Musik. Namun akhirnya Dhani kembali ke jalur rock dan mengibarkan bendera DEWA 19 dengan tambahan Ari Lasso.

Pada 1991 Ahmad Dhani hijrah ke Jakarta untuk mencari perusahaan rekaman yang akan melabeli Dewa 19. Dengan modal seadanya, Dhani pun berjuang di ibukota untuk mencari perusahaan rekaman dengan bus kota. Meski telah ditolak beberapa label, namun pada akhirnya ia dilirik oleh Jan Djuhana dari Team Records. Berkat usahanya, album perdana Dewa 19 (1992) sukses besar dengan melejitnya sejumlah hits seperti ”Kangen” dan ”Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi”. Album ini tercatat sebagai album terlaris 1993 dan Dewa dianugerahi sebagai pendatang baru terbaik.

Tak berhenti disitu, kesuksesan Dewa 19 terus berlanjut di album-album berikutnya.  Dhani dan Dewa 19 tercatat telah mengeluarkan 12 album, termasuk satu album ketika Dewa 19 mengubah nama menjadi Mahadewa. Album-album tersebut antara lain, “Terbaik Terbaik”, “Pandawa Lima”, “The Best of 19”, “Bintang Lima”, “Cintailah Cinta”, “Republik Cinta”, “Kerajaan Cinta” dan album Mahadewa “Past to Present”.

Dhani juga memiliki beberapa band bentukannya sendiri sebagai proyek sampingan. Ia pun menjadi salah satu personil dalam band tersebut. Band yang digawanginya tersebut antara lain The Rock (personil dari luar Indonesia) dan The Rock Indonesia Ahmad Dhani (T.R.I.A.D). Sementara lewat RCM (berdiri Maret 2007), Dhani sukses membina sejumlah penyanyi diantaranya Mulan Jameela, The Virgin, Mahadewi, dan Lucky Laki.

Pada tahun 1994 Dhani menikah dengan Maia Estianty setelah sekian lama menjalin cinta sejak Dhani masih di SMA Negeri 2 Surabaya. Dari pernikahan mereka, keduanya memiliki 3 anak yang diberi nama Ahmad Al Gazali, El Jalaluddin Rumi, dan Ahmad Abdul Qodir Jaelani. Namun pada 2008 Ahmad Dhani bercerai dengan Maia. Kini Dhani telah memulai hidup baru dengan Mulan Jameela dan dikaruniai seorang anak perempuan.

Kesuksesan Dhani dalam dunia musik tak lepas membuatnya ingin mencoba hal lain. Ia pun memutuskan untuk mencalonkana diri pada Pilkada DKI 2017 mendatang.

Dipinang oleh Partai Kebangkitan Bangsa, Ahmad Dhani siap dalam menjadi calon gubernur (cagub) DKI Jakarta pada pilkada 2017. Menurut Hasbiallaah Ilyas, Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) DKI Jakarta, partainya punya alasan sendiri mengapa mengusung Ahmad Dhani sebagai gubernur DKI Jakarta.

Dikutip dari liputan6.com, Hasbiallah Ilyas, Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) DKI Jakarta, menuturkan, “Beliau (Ahmad Dhani) pembina Ansor DKI Jakarta. Dia tulen orang Nahdatul Ulama (NU).” Sementara Dhani mengaku senang mendapat kesempatan tersebut.  “Ini suatu apresiasi yang baik buat saya, jadi kenapa enggak didukung,” ungkap Dhani.

(Ratih Pratisti)

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Comments

comments

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti84 Posts

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password