Profil Tantowi Yahya, Politisi Berlatar Belakang Selebriti

jakartapintar.com – Program kuis Who Wants to Be a Millionaire mungkin terdengar tak asing di telinga masyarakat. Program kuis ini sukses menarik perhatian pemirsa lima tahun berturut-turut sejak tahun 2001 hingga 2006. Sebagai pembawa acara ini, nama Tantowi Yahya pun dikenal masyarakat. Tak hanya Who Wants to Be a Millionaire, kakak dari presenter Helmy Yahya ini sebelumnya juga pernah menjadi pembawa acara kuis Gita Remaja di stasiun televisi nasional pada tahun 1989.

Karir Tantowi Yahya semakin cemerlang saat dirinya meraih penghargaan The Most Favourite Television Quiz Host dalam ajang Panasonic Awards 2003-2005 dan 2009. Bahkan, dari hobinya yang gemar menyanyikan lagu-lagu Country & Balada, Tantowi Yahya pernah menyabet penghargaan sebagai penyanyi Country & Balada terbaik versi AMI-Sharp Awards pada tahun 2001, Best Balad and Country Singer AMI-Sharp Award pada 2002, dan AMI-Samsung Awards 2004 sebagai Best Traditional Album Singer. Album perdananya yang berjudul Country breeze bahkan mampu menembus angka 300.000 kopi.

Pada tahun 2000, Tantowi mengeluarkan single “Gone, Gone, Gone” yang merupakan karya Rinto Harahap dan mendapat tanggapan yang cukup baik dari masyarakat. Ia pun mengeluarkan album perdananya yang diberi nama Country Breeze. Pada Januari 2003, ia mendirikan Country Music Club of Indonesia.

Kemahiran Tantowi dalam berbicara membuatnya ingin membagikan ilmu mengenai tata cara berbicara yang baik di depan publik. Hingga pada tahun 2006 ia pun mendirikan Tantowi Yahya Public Speaking School yang tak hanya bertujuan menularkan teknik berbicara yang baik, namun juga sebagai yayasan kerja sosial untuk berbagi kepada masyarakat sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang telah diraihnya sampai sejauh ini.

Di tahun yang sama, suami dari Dewi Handayani sekaligus ayah dari Muhammad Adjani Prasanna Yahya yang gemar membaca sejak kecil juga pernah ditunjuk sebagai Duta Baca Indonesia oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Menurut Tantowi, peran orang tua dan lingkungan sekitar sangat penting dalam mewujudkan minat dan gemar membaca di kalangan masyarakat.

Sukses di ranah hiburan, Tantowi pun melirik ranah politik. Tantowi menjabat sebagai anggota komisi I DPR-RI periode 2009-2014. Karir politiknya yang melesat membuat namanya santer diberitakan sebagai salah satu calon yang bersiap maju dalam bursa Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) DKI Jakarta 2012 melalui partai Golkar. Sebelumnya, di tahun 2004-2006, dirinya juga terpilih sebagai Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Amerika (PPIA).

Berikut biografi singkat Tantowi Yahya:

Nama Lengkap : Tantowi Yahya
Agama : Islam
Tempat/tangal Lahir : Palembang, Sumatera Selatan/ Sabtu, 29 Oktober 1960
Istri : Dewi Handayani
Anak : Muhammad Adjani Prasanna Yahya
Saudara : Helmi Yahya

Riwayat Pendidikan

  • Akademi Pariwisata Indonesia di Yogyakarta, 1982

Riwayat Pekerjaan

  • Anggota DPR RI (2009-2014)
  • Mendirikan Tantowi Yahya Public Speaking (2006-sekarang)
  • Pembawa acara
  • Managing Director P.T. Ciptadaya Prestasi/Artis (1994)
  • Public Relation Manager PT BASF (1989-1994)
  • Promotion Officer PT BASF, 1987
  • Duta Baca Indonesia oleh PNRI (2006)
  • Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Amerika (PPIA) (2004-2006)
  • Sekjen Yayasan Anugerah Musik Indonesia (Yami)
  • Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (Asiri)

 

(Ratih Pratisti)

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Comments

comments

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti84 Posts

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password