Tahukah Anda ? Indonesia Punya Salah Satu Rute Penerbangan Terpadat di Dunia

Tahukah Anda ? Indonesia Punya Salah Satu Rute Penerbangan Terpadat di Dunia

jakartapintar.com – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki rute penerbangan yang cukup banyak dan ramai diakibatkan jarak dari masing-masing kota berjauhan serta tiap-tiap pulau dipisahkan oleh lautan dan perairan yang luas. Sehingga untuk menghemat waktu tidak ada pilihan lain lagi selalin melalui jalur udara.

Tidak semua jalur penerbangan dari kota satu ke kota yang lain dan dari pulau satu ke pulau yang lain bisa ditempuh secara langsung, banyak juga jalur penerbangan yang harus dilalui dengan transit ke bandara yang lain terlebih dahulu.

Tak disangka-sangka Indonesia ternyata memiliki rute penerbangan terpadat di dunia. Rute tersebut yaitu rute Jakarta-Surabaya. Perusahaan umum LPPNPI atau Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia mengatakan bahwa rute Jakarta-Suraba merupakan rute yang masuk ke dalam rute penerbangan terpadat nomor empat di dunia.

“Kurang lebih terdapat 300 pergerakan penerbangan setiap harinya. Ada 150 pesawat (yang melalui rute Jakarta-Surabaya per hari),” ujar Newin Manulang selaku Direktur Service Development dan IT LPPNPI di Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Menurutnya rute penerbangan Jakarta-Surabaya padat dikarenakan sejumlah pesawat yang tujuan penerbangan ke timur Indonesia masih menggunakan rute tersebut. Contohnya saja, pesawat dengan rute Jakarta-Makassar. Pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta harus melewati rute Jakarta-Surabaya terlebih dahulu.

Setelah dari Bandara Surabaya, baru pesawat menuju Bandara Sulawesi. Selain itu, pesawat dengan tujuan Bali tidak langsung menuju Bali tetapi juga harus melewati rute Jakarta-Surabaya sebelum menuju Bandara Ngurah Rai di Denpasar Bali.

Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia kini sedang berencana untuk membuka rute yang baru sehingga pesawat-pesawat yang tujuannya tidak ke Surabaya tidak perlu memasuki rute Jakarta-Surabaya. Rute baru ini diharapkan bisa mengurai kepadatan yang terjadi pada rute penerbangan Jakarta-Surabaya.

(Nani Maryani)

Nani Maryani

Nani Maryani

Seorang Mahasiswa di salah satu Universitas di Yogyakarta. Writing is Everything.

More Posts - Website

Follow Me:
Facebook

Comments

comments

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password