Monday, 20 August 2018

Biem Benyamin: Profil Pengusaha yang Jadi Politikus

jakartapintar.com – Anda tentu tak asing dengan seniman Betawi kondang Benyamin Sueb. Kini, putra ketiganya yaitu Biem Benyamin, mulai ramai dibicarakan publik. Ia disebut-sebut bakal mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2017. Seperti apakah profilnya?

Biem Benyamin atau biasa dipanggil Biem lahir di Jakarta pada tanggal 13 Maret 1964. Biem pernah mencalonkan diri sebagai wakil gubernur DKI Jakarta dari jalur perseorangan dan berpasangan dengan ekonom Faisal Basri pada pemilihan umum kepala daerah DKI Jakarta tahun 2012.

Biem dulunya aktif dalam memperjuangkan budaya Betawi, jauh sebelum dirinya terjun di dunia politik. Ia termasuk penggagas Kongres Rakyat Betawi (KRB) yang diikuti oleh seluruh ormas Badan Musyawarah Betawi yang salah satu tujuannya adalah agar bagaimana undang-undang mengakomodir budaya Betawi. Sosok Biem dikenal sebagai budayawan yang mewarisi nilai-nilai budaya mendiang ayahnya.

Pada kurun waktu 2004 hingga 2009, Biem terpilih menjadi anggota DPR RI. Bersamaan dengan itu, ia juga dipercaya untuk menjadi Ketua Panitia Khusus Rencana Perubahan Undang-Undang Nomor. 34 Tahun 1999 tentang Pemerintah Propinsi Daerah Khusus Ibukota Negara Republik Indonesia. Pada 2005, secara khusus Biem melakukan perjuangan judicial review agar calon perseorangan diberikan kesempatan melaju dalam pemilihan kepala daerah. Hal Ini dilakukannya karena ia ingin untuk bisa maju dalam pemilihan kepala daerah melalui jalur independen.

Selain dikenal sebagai seniman dan anggota DPR RI, Biem juga merupakan seorang pengusaha sukses yang mengelola BENS Radio sebagai radionya orang betawi. Dia juga membangun etnikom network yang memiliki jaringan 14 radio di wilayah Jawa dan Sumatera. Radio-radio ini konsisten mengusung etnik dan budaya lokal sebagai aset atas kemajemukan bangsa. Di antara bakal calon pemimpin DKI Jakarta yang maju dalam pemilukada dari kalangan independen, Biem tercatat memiliki harta kekayaannya paling besar dibandingkan dengan calon lainnya. Total harta Biem dalam Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara(LHKPN) adalah sebesar Rp 16,460 Milliar.

Berikut biografi singkat Biem Benyamin:

Nama Lengkap : Biem Benyamin
Tempat / Tanggal Lahir : Jakarta, 13 Maret 1964
Agama : Islam

Riwayat Pendidikan

  • Sekolah Tinggi Manajemen IMMI, Jakarta 2007
  • Metropolitan States College, Denver, Colorado, United State of America Majoring in Computer
  • Management Science 1988
  • SMU Pangudi Luhur Jakarta 1983
  • SMPN 13 Jakarta 1980
  • SDN Tebet Pagi II Jakarta 1977

Riwayat Pekerjaan

  • Anggota DPR RI
  • Seniman
  • Pengusaha

Begitu besar rasa nasionalisme Biem yang terus mempertahankan budaya betawi agar tidak hilang terkikis oleh perkembangan jaman. Semoga kisah Biem ini dapat menjadi inspirasi Anda.

 

 

(Ratih Pratisti)

Comments

comments

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *