Thursday, 20 September 2018

Jadi Tersangka Kasus Gratifikasi, Sekjen Nasdem Mundur dari Jabatannya

jakartapintar.com – Dunia politik Indonesia kembali digegerkan dengan tertangkapnya sekjen Nasdem, Patrice Rio Capella, oleh KPK pada Kamis sore, 15 Oktober 2015. Pimpinan sementara KPK Johan Budi mengatakan, KPK menjerat Patrice terkait kasus dugaan gratifikasi dalam proses penanganan perkara bantuan daerah serta tunggakan dana bagi hasil dan penyertaan modal sejumlah badan usaha milik daerah di Provinsi Sumatera Utara.

Ditetapkannya Patrice sebagai tersangka merupakan pengembangan penyidikan dari kasus yang menjerat Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istrinya, Evy Susanti, sebagai tersangka. Keduanya adalah tersangka kasus dugaan suap kepada hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara di Medan. Diduga Patrice menerima hadiah atau janji dari Gatot Pujo dan istri. Namun nominal yang diterima Patrice belum dapat disebutkan. KPK masih akan melakukan penyelidikan terkait kasus ini.

Disisi lain, dengan terseretnya Patrice pada kasus korupsi, ia telah menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Sekjen Nasdem dan juga anggota DPR. Patrice menyatakan, keputusannya tersebut telah dibicarakan dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. Adapun mengenai proses hukum selanjutnya, Patrice menyerahkan kepada kuasa hukum untuk menindaklanjutinya.

Hal ini telah ditegaskan Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem Johnny G Platte, bahwa semua politisi Nasdem harus mundur sebagai anggota DPR jika terjerat kasus korupsi. Menurut Johnny, proses pergantian antarwaktu (PAW) terhadap Patrice Rio Capella ini akan segera dilakukan oleh DPP Partai Nasdem. Surya Paloh juga akan mengangkat sekjen sementara.

(Ratih Pratisti)

Comments

comments

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *