Saturday, 23 June 2018

Cari Destinasi Hemat di Jakarta? Kunjungi Banjir Kanal Timur

jakartapintar.com Pembangunan Banjir Kanal Timur (BKT) pada awalnya difungsikan sebagai penangkal banjir saja. Namun siapa sangka tempat ini justru kini menjadi tempat tongkrongan gratis warga Jakarta. Di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur, BKT justru menjelma menjadi tempat rekreasi baru yang ramai dikunjungi masyarakat.

Banjir Kanal Timur ini dulunya adalah daerah penampungan dan serapan air. Kawasan ini sengaja dibangun oleh pemerintah DKI Jakarta untuk menanggulangi banjir yang terjadi di Jakarta. Adapun BKT berguna menampung air dari Kali Ciliwung, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Buaran, Kali Jati Kramat, dan Kali Cakung.

Siapa sangka kanal yang dibuat untuk penampungan dan resapan air ini memiliki daya tarik sebagai lokasi rekreasi. Banyak penduduk Jakarta yang menjadikan lokasi BKT sebagai tempat nongkrong bersama keluarga ataupun teman. BKT memiliki panjang sekitar 23,5 km dan membentang mulai dari Kebon Nanas, Jakarta Timur higga Pantai Marunda, Jakarta Utara. Guna memperindah tampilan sekitar BKT, lahan kosong yang berada di kiri dan kanannya diaspal, ditanami pepohonan, rumput, dan dibuat beberapa halte atau taman mini.

Rampungnya pengerjaan proyek BKT ini ternyata memiliki daya tarik untuk penduduk Jakarta dan beberapa kelompok pedagang. Setiap sore, tepian BKT tak pernah sepi dan selalu ramai dengan pedagang. Ada saja pedagang yang membuka warung kecil dan lapak-lapak yang menjual baju, aksesoris, sepatu, hingga beraneka ragam makanan. Bahkan beberapa penjual makanan juga menyediakan tempat berupa tikar agar pengunjung bisa merasakan makanan dengan sensasi lesehan dan disuguhi pemandangan kanal.

Kawasan BKT yang berada tepat di depan pintu gerbang perumahan Cipinang Indah ini kini dikenal sebagai tempat tongkrongan anak muda. Entah itu untuk ngobrol atau sekedar kumpul, tempat ini selalu saja ramai pengunjung, terutama kaum muda. Biasanya mereka datang bergerombol. Walaupun terlihat seperti geng motor, mereka yang datang ke tempat ini hanya sekadar ngobrol, berkumpul dan tidak ada balapan liar. Berbeda dengan anak muda yang memanfaatkan BKT untuk mengobrol, orang tua memanfaatkan tepi kanal ini untuk sekedar jalan sore atau menikmati waktu bersama keluarga.

Ingin merasakan sensasi tempat nongkrong gratis di Jakarta? Cobalah sempatkan waktumu ke BKT! Nikmati pemandangan kanal yang tersusun rapi dengan taman indah yang berada di tepiannya. Rasakan juga makanan kuliner sekitarnya. Selamat berwisata!

(Ratih Pratisti)

Comments

comments

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *