Saturday, 23 June 2018

Polemik Pilkada Serentak Desember 2015

Jakartastau.co – Tanggal 9 Desember tahun ini adan diadakan Pemilihan Kepala daerah ( Pilkada ) serentak di seluruh wilayah Indonesia. Tidak seperti biasanya, Pilkada tahun ini dilaksanakan secara bersama, serentak seluruhnya. Pandangan awal, Pilkada serentak untuk lebih menghemat anggaran.

Namun, Juri Ardianto selaku komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) justru menyebutkan bahwa Pilkada serentak tahun 2015 ini lebih mahal daripada Pilkada sebelumnya. Hal ini dikarenakan terjadinya lonjakan harga selama lima tahun ini. selain itu bertambahnya jumlah pemilih semakin banyak serta Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga bertambah, belum lagi biaya untuk sosialisasi serta keamanan.

“ biaya pemilu makin mahal karena bertambahnya jumlah petugas dengan honornya. Apalagi waktu penyelenggaraan lebih panjang, biaya keamanan dari Polri, Banwaslu, Linmas, Panwaslu jugatermasuk program-program yang berkaitan dengan pilkada juga adanya tambhan daerah pemilu.” Tutur Juri.

Seperti diketahui, Pilkada 2015 putaran pertama akan di langsungkan serentak di 269 daerah pada Desember 2015 mendatang. Ada yang pesimis ada pula yang optimis mengenai keberhasilan Pilkada serentak ini. Menurut andi Nurpati, mantan Komisioner KPU ini akan ada banyak angka golput di daerah yang mempunyai calon tunggal, masyarakat akan merasa tidak terwakili dan lebih memilih golput. Ia pun meminta pemerintah untuk membahah mengenai persoalan baru ini yang ditimbulkan oleh keputusan MK. Menurut beliau akan menjadi masalah baru jika angka golput mencapai 50%.

Ada yang pesimis ada pula yang optimis yaitu Menteri Dalam Negeri Tjahjo kumolo. Mungkin memang akan turuh pemilihanya karena masyarakat yang mempunyai hak pilih akan lebih konsen dengan permasalah ekonomi saat ini. Namun Menteri Tjahjo kumolo akan tetap optimis. Menurut Menteri Tjahjo kumolo akan berjalan lancar dengan dukungan dari masyarakat, media massa serta pemerintah, dan soal anggaran, seluruh daerah juga sudah terpenuhi.

Comments

comments

just ordinary girl who like Korean boyband ! haha VIP & Ikonics !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *