Thursday, 26 April 2018

Pimpinan DPRD: Setahun Ahok Memimpin, Semua Jadi Ribet

jakartapintar.com – Hari ini, Kamis (19/11/2015) menjadi tepat setahunnya Ahok menjabat sebagai Gubernur dan memimpin Jakarta. Momentum setahun usia pemerintahan Ahok, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra Mohamad Taufik mengharapkan Ahok memperbaiki perilaku. Ahok diharapkan lebih santun. Ditemui di Gedung DPRD Jakarta pada Rabu, 18 November 2015, Taufik menilai, selama setahun Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, sikap Ahok terhadap anak buahnya terlalu sopan. “Ribet setahun Ahok. Yang perlu dievaluasi itu sikap Ahok. Dia terlalu ‘sopan’ lah,” kata Taufik.

Menurut Taufik, sikap Ahok tersebut mau tidak mau mempengaruhi kinerja Ahok dalam membenahi Ibu kota Jakarta. “Kinerja kan gimana kita men-drive orang. Hasilnya apa? Serapan rendah. Apa coba yang enggak ribet sama Ahok?” ujar Taufik. Dirinya pun mengungkapkan, masyarakat bisa melihat dari serapan anggaran yang dibelanjakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta jika ingin mengukur kinerja pemerintah. “Kan bukan duit emaknya yang dipakai. Kalau tidak dipakai artinya enggak belanja,” kata Taufik.

Taufik juga berharap kinerja pemerintah semakin membaik.Menurutnya, sejak Ahok jadi gubernur, keadaan bukannya membaik, tapi malah semakin runyam. Taufik mengatakan keberhasilan suatu daerah dapat dilihat dari pencapaian penyerapan anggaran masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah, sementara di Jakarta penyerapan APBD baru mencapai 36 persen.

Pada Agustus lalu, Ahok menyatakan penyerapan anggaran oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta rendah akibat jajarannya di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) takut akan korupsi, bukan takut untuk berbelanja. Lebih lanjut, Ahok menjelaskan, SKPD enggan membeli dan lebih memilih sewa agar bisa mengambil keuntungan dari biaya sewa. Menurutnya, jika pemerintah menyewa, terdapat celah untuk memainkan anggaran.

(Ratih Pratisti)

Comments

comments

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *