Thursday, 26 April 2018

Waspada Banjir, Relawan PMI Jaksel Siaga di Beberapa Daerah

jakartapintar.com – Musim penghujan yang akhir-akhir sering mengguyur Jakarta mulai mendapat perhatian banyak pihak. Salah satunya adalah dari Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan. Dalam rangka antisipasi banjir, PMI Jaksel ini telah menyiagakan petugas relawan siaga berbasis masyarakat. Petugas relawan ini akan berada di delapan titik keluarahan yang sering menjadi langganan banjir.

Menurut Ketua PMI Jakarta Selatan, Dadang Dasuki, sebanyak 35 relawan telah disiagakan di Kelurahan Bukit Duri, Kebon Baru, Pengadegan, Rawajati, Lereng Agung, Pondok Pinang, Ulujami, dan Kelurahan Petogogan. Ditemui pada hari Sabtu (21/11/2015), relawan mengajarkan antisipasi mengenai evaluasi dan pertolongan pertama. “Pertolongan pertama, kita menyiagakan di lokasi banjir, masyarakat kita latih untuk evaluasi dan pertolongan pertama,” tutur Dadang.

Lebih lanjut, Dadang menjelaskan bahwa anggota masyarakat yang direkrut sebagai tenaga relawan sudah dilatih untuk membantu masyarakat yang jadi korban banjir. “Pertolongan pertama yang dilakukan relawan dengan menolong orang, membuat dapur umum dan evakuasi di lingkungan masyarakat,” jelasnya. Dirinya juga menambahkan, PMI Jakarta Selatan menyiapkan fasilitas berupa 10 tenda besar, 35 set peralatalan dapur umum, serta mempersiapkan drone untuk mengirimkan bantuan ke lokasi yang tidak terjangkau tenaga relawan.

Peralatan tersebut tidaklah dari pihak PMI langsung. Dadang menuturkan pihak PMI telah meminta banuan dengan berbagai pihak terkait. “Memang peralatan kami tidak sebanyak yang dimiliki Dinas Sosial, tenaga kami akan bekerjasama dengan pihak terkait,” ucap Dadang.

(Ratih Pratisti)

Comments

comments

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *