Friday, 25 May 2018

Dihadiri Jokowi, Ribuan Pengajar Rayakan Puncak Hari Guru Nasional

jakartapintar.com – Sebanyak 12500 Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) memenuhi Istora Senayan, Jakarta pada Selasa (24/11/2015). Berkumpulnya mereka adalah dalam rangka merayakan Hari Guru Nasional (HGN) 2015. Bahkan acara ini dihadiri juga oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan dan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.

Dibuka dengan sambutan Menteri Anies, ia mengatakan bahwa acara yang dilakukan pada Selasa (24/11) ini merupakan puncak peringatan HGN 2015. “Hari ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan peringatan HGN yang berlangsung dari 23 hingga 24 November 2015,” ujar Anies pada Puncak Peringatan HGN 2015 di Istora Senayan, Jakarta. Adapun tema HGN tahun ini, menurut Anies, adalah ‘Guru Mulia Karena Karya’.

Pada kegiatan sebelumnya, yaitu di hari Senin (23/11/2015), sebanyak empat ribu guru mengikuti simposium GTK yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta. Simposium ini menjadi wadah para guru untuk saling belajar dan bertukar pikiran serta pengalaman. Terdapat sekitar 250 karya dari 3366 karya guru masuk dipresentasikan dan dibagikan bersama guru-guru lainnya dari seluruh Indonesia.

Dalam acara puncak ini, Anies mengatakan, sebanyak 12500 hadir dari seluruh Indonesia. Mereka merupakan perwakilan dari jutaan guru lainnya yang sedang melaksanakan tugas mengajarnya pada hari ini. Menurut Anies, guru-guru yang hadir ini berasal dari berbagai daerah termasuk para Guru Garis Depan (GGD), guru sekolah satu atap dan asosiasi GTK seluruh Indonesia. “Mereka berkumpul dan memiliki posisi yang sama di mata negara,” terang Anies.

Bagi Anies, guru merupakan sosok yang memiliki tugas untuk menyiapkan masa depan bangsa. Mereka jugalah para pelukis masa depan negeri ini. Karena tugas guru ini, Anies menyarankan agar masyarakat Indonesia bisa mengapresiasi guru. Hal ini karena guru menjadi hulu bagi kemajuan bangsa Indonesia. “Dari seluruh kegiatan yang ada di Indonesia, karya guru adalah hulu dari kemajuan bangsa,” lanjutnya.

Anies juga memberikan penghargaan tali kasih terhadap 1335 GTK termasuk yang berdedikasi dan berprestasi pada puncak acara ini. Bahkan, penghargaan juga diberikan kepada para peserta terbaik simposium. Tidak hanya itu, Presiden Jokowi pun turut memberikan tanda penghormatan satya lencana pendidikan. Sebanyak 10 perwakilan guru yang berprestasi luar biasa dan berdedikasi mendapatkan tanda ini dari Jokowi.

(Ratih Pratisti)

Comments

comments

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *