Saturday, 23 June 2018

Ayun, Pemilik ‘Desa Restaurant’ yang Jadi Jutawan di Belanda

jakartapintar.com – Sepatu karet, tas selempang, dan air kemasan di genggaman adalah salah satu ciri khas dari pemilik empat restoran yang mashur di Belanda ini. Walaupun memiliki penampilan yang biasa dan sederhana pria kelahiran Jakarta ini patut untuk Anda tiru kesuksesannya. Ayun, nama sapaan pria yang terbang 35 tahun dari Jakarta ke Amsterdam untuk melanjutkan pendidikan lanjutan di akademi dengan mengambil jurusan design grafis ini tinggal bersama dengan orang tua angkatnya.

Kerja paruh waktu di sebuah restoran makanan Austria Ia jalani untuk menambah uang saku. Dengan memakai nama identitas Effendi, Iapun naik pangkat dalam waktu yang lumayan singkat. Kemudian dua tahun kemudian Ia diangkat menjadi koki restoran. Dahulu di Indonesia, orangtua Ayun mempunyai usaha kantin di kapal yang memberangkatkan haji puluhan tahun silam.

Restoran Ayun di Belanda
Restoran Ayun ( Gambar : Google )

“Saya nggak pernah masuk dapur. Cuma lewat aja. Ngga pernah terpikir bakal punya usaha yang sama,” ujar Ayun. “Begitu disuruh masak saya merasa seperti sekelibat kelihatan. Oh harus begini, begitu. Semua kayanya gampang aja,” jelasnya. Ayun menyebutkan bahwa Ia bisa memasak karena faktor kerja keras dan momen yang membuatnya bisa mengelola restoran hingga mencapai 1 juta euro per tahun. “Motto saya, kalau kerja keras dan punya sedikit akal yang lumayan, nggak mungkin mati kelaparan. Itu aja sebenarnya sudah cukup. Kalau jadi kaya, mungkin karena memang sudah momennya. Ada kesempatan yang kita beruntung bisa tangkap,” tutur yang mempunyai pembawaan tenang ini.

Dalam bekerja Ayun bisa menghabiskan sekitar 100 jam per minggu untuk bekerja padahal normalnya satu hari maksimal 8 jam bekerja. Setelah 8 tahun bekerja, Ayun akhirnya memberanikan diri untuk membuka restoran sendiri dengan nama “Desa Aunthentiek Indonesisch Restaurant”. Banyak sekali menu makanan khas tradisional Indonesia yang disajikan, misalnya Ikan rica-rica Sulawesi dll. Target dari konsumen restoran ini adalah orang Indonesia yang sedang berwisata ke Belanda dan warga Belanda yang rindu akan makanan asli Indonesia. Ayun memulai usahanya dengan mendapatkan pinjaman modal dari seorang pengusaha kuliner di Amsterdam. Restoran makanan yang dimiliki oleh Ayun diantaranya adalah Desa, Aneka Rasa dan Kartika yang menyajikan makanan khas Indonesia serta satu restoran yang menyajikan makanan sajian local Belanda, Grand Cfe Allure.

(Nani Maryani)

Comments

comments

Seorang Mahasiswa di salah satu Universitas di Yogyakarta. Writing is Everything.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *