Wednesday, 23 May 2018

Siap-siap, Hari Ini Akan Jadi “Jumat Keramat” bagi Pejabat Pemprov DKI

jakartapintar.com – Hari ini tepat hari Jumat (27/11/15) yang kabarnya akan menjadi “Jumat keramat” bagi para pejabat Pemerintah Provinsi atau Pemrov DKI Jakarta karena Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa Ahok selaku Gubernur DKI Jakarta akan mencopot atau melepas jabatan serta menghilangkan tunjangan kinerja daerah dari beberapa pejabat Pemerintah DKI. Sekitar pukul 14.00 di Balai Agung nanti akan dilakukan perombakan pejabat oleh Ahok, Saefullah selaku Sekertaris Daerah DKI dan Agus Suradika Selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI. Akan tetapi, mereka masih belum bisa menentukan pejabat yang nantinya akan dipecat dan dilantik.

Pada hari kamis malam (26/11/2015) pukul 20.30 kemarin, Agus ditemani Kepala Bidang Pengembangan DKI, Iqbal mengunjungi Ahok dengan membawa sejumlah data-data mengenai pejabat yang dinyatakan lolos dalam seleksi terbuka. Pada pukul 22.00, Ahok menyelesaikan penyisiran anggaran dari 6 Kecamatan yang kemudian Agus, Saefullah, Tuty Kusumawati selaku Kepala Bapeda DKI, dan Pengelola Keuangan dan Heru Budi Hartono melakukan rapat di ruang kerja Ahok dan selesai sekitar pukul 23.45.

“Pembahasannya masih belum selesai nih, tetapi SK (surat keputusan) gubernurnya besok sudah selesai. Eselon II masih belum beres nih, masih ada beberapa pertimbangan,” ujar Agus. Saefullah yang saat itu berdiri tepat disamping Agus juga mengatakan hal yang serupa. Saefullah mengakui bahwa Ia belum mengetahui jumlah pasti pejabat eselon II yang akan dipecat atau dilantik. Akan tetapi, berbeda dengan Agus yang justru membocorkan jumlah pejabat yang akan dilantik nanti. “Kalau jumlah doang, boleh kali ya Pak Sekda dibocorin? Antara 3-4 orang pejabat eselon II (yang dipecat dan dilantik),” kata mantan Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI itu. Tidak hanya pejabat eselon II, tetapi pejabat eselon III dan IV juga akan dirombak.

“Pokoknya banyak yang besok (hari ini) dilantik. Pejabat eselon II (yang dilantik) paling banyak empat dan ada yang dipromosi,” kata Agus. Menurut kabar-kabar yang beredar, beberapa pejabat eselon II yang nanti akan dipecat adalah Kepala Inspektorat DKI Lasro Marbun, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Purba Hutapea, dan Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Andi Baso Mappapoleonro. Salah satu sector dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI yang disorot oleh Ahok adalah dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI. Hal tersebut disebabkan karena mereka merancang anggaran penyelenggaraan beberapa festival yang mencapai miliaran rupiah.

(Nani Maryani)

Comments

comments

Seorang Mahasiswa di salah satu Universitas di Yogyakarta. Writing is Everything.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *