Monday, 20 August 2018

Indonesia Bisa Menjadi Kiblat Baru Jika Berbicara Mengenai Islam

jakartapintar.com – Danil Anzar selaku ketua umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah menjadi pembicara di Global Youth Interfaith Summit Religion for Peace, di Paris. Ia hadir untuk mewakili Islam Asia dan Pasifik dan menyampaikan mengenai wajah islam di Indonesia yang damai. “Saya menyampaikan bahwa Indonesia bisa menjadi kiblat baru ketika bicara tentang Islam,” ujar Danil. Menurutnya, setelah terjadi serangan teroris di Paris menyebabkan islamofobia saat ini semakin meningkat. Pemahaman masyarakat Eropa mengenai islam dan pengaruh buruk dari media saat membicarakan islam yang selalu diidentikan dengan terorisme ternyata memberi kontribusi yang cukup besar bagi Islamofobia di Eropa.

“Kelompok antar agama penting melakukan counter issues yang dibuat oleh media, seolah tindakan terorisme hanya dilakukan oleh satu agama. Tindakan terorisme di banyak negara tidak mengenal agama, mereka hanya membajak agama dan mengatasnamakan agama untuk kepentingan mereka, oleh sebab itu penting kelompok antar agama dunia untuk memberikan pemahaman yang benar kepada masing-masing kelompok bahwa sesungguhnya tindakan terorisme tidak pernah dibenarkan oleh agama mana pun dan apapun,” jelas Danil.

Fakta yang sebenarnya adalah sekelompok penjahat yang membajak dan mengatasnamakan agama untuk berbuat kejahatan dan kekerasan. Selain itu, sangat dibutuhkan bahwa dunia harus membantu mendorong agar tatanan dunia menjadi lebih adil. Negara-negara adidaya juga harus menghentikan peperangan dan penyerangan terhadap Negara-negara timur atas nama perdamaian karena tidak ada perdamaian yang tercipta jika masih terus ada peperangan. “Yang terjadi justru adalah kebencian yang turun temurun,” tutup Danil yang juga menjabat sebagai President Religion for Peace Asia and pacific Interfaith Youth Network. (Nani Maryani)

Comments

comments

Seorang Mahasiswa di salah satu Universitas di Yogyakarta. Writing is Everything.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *