Friday, 25 May 2018

Kios-kios Pemalsu Dokumen di Kawasan Pramuka di Grebek

jakartapintar.com – Kepolisian Polda Metro jaya pada hari sabtu lalu (21/11/2015) berhasil membongkar praktik pemalsuan dokumen penting di kawasan pramuka, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat. Penggrebekan dilakukan oleh Unit 2 Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro jaya, saat penggrebekan ada 23 orang yang diamankan.
“Setelah dilakukan pemeriksaan, ada tujuh orang sudah memenuhi unsur tindak pidana memalsukan dokumen penting” kata Ajun Komisaris Besar Herry Herryawan, Kasubdit Kejahatan dan Kekerasan Polda Metro Jaya
Ketujuh pelaku tersebut terbukti memalsukan dokumen yang dilakukan di kios dengan berkedok jasa pengetikan. Dari tempat penggrebekan polisi menyita puluhan perangkat elektronik yang digunakan ketujuh pelaku untuk memalsukan dokumen, beberapa diantaranya adalah belasan computer dan printer.
Selain itu, juga ada beberapa dokumen palsu yang disita. Beberapa dokumen yang dipalsukan tersebut antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu keluarga (KK), akta notaris, buku nikah, akta kelahiran, ijazah sekolah, buku rekening bank, akta tanah, dan dokumen lainnya sesuai dengan permintaan pemesan.
Para pelaku pemalsuan dokumen ini meraup keuntunganhingga jutaan rupiah per hari dari kejahatan yang mereka lakukan. Herry Herryawan menambahkan bahwa satu kios dalam sehari mampu mnegantongi Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Tarif yang diterapkan untuk satu pemalsuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga sebesar Rp 200.000,- per satu dokumen. Dan biasanya para pelaku melayani pesanan dalam jumlah yang banyak.
Salah seorang pelaku bernama Indra, mengaku berbisnis memalsukan dokumen sudah lebih dari dua tahun dilakoninya. Pemilik usaha pengetikan di kawasan Pramuka itu mengatakan, dalam sehari ia bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp 5 juta.
Indra menjelaskan bahwa dirinya hanya khusus memalsukan dokumen KTP dan KK yang dibandrol dengan harga Rp 150.000,- sampai Rp 200.000,-, menurutnya pelanggan bisa langsung mendatangi kios atau memesan melalui calo, tetapi biasanya para pelanggan yang sudah berlangganan langsung mendatangi indra di kiosnya

Comments

comments

just ordinary girl who like Korean boyband ! haha VIP & Ikonics !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *