Tuesday, 23 October 2018

Wisata Kuliner: Nikmati Kelezatan Legendaris Soto Betawi Haji Maruf

jakartapintar.com – Berbicara soal kuliner di Jakarta tidak akan ada habisnya. Membuka usaha kuliner merupakan peluang yang besar dalam berbisnis di Jakarta. Berbagai jenis makanan di Jakarta dapat kita temui mulai dari yang murah hingga yang paling mahal, mulai dari kaki lima hingga resto setara bintang lima. Berbeda dengan kuliner yang satu ini, meski memiliki cita rasa bintang lima, namun kita tetap dapat menikmati suasana dengan desain tempat tempo dulu. Apalagi jika bukan soto betawi Haji Ma’ruf.

Awal Mula Suksesnya Soto Betawi Haji Ma’ruf

Seperti yang telah banyak diuraikan, soto betawi yang satu ini sudah tidak diragukan lagi mengenai kelezatan dan kenikmatannya yang telah teruji. Soto betawi Haji Ma’ruf ini mulai dijajakan sejak tahun 1950. Kisah awalnya dimulai pada tahun 1950, Haji Ma’ruf berjualan soto betawi ini dengan pikulan di sekitar PLN Gambir. Beberapa tahun kemudian, soto betawi Haji Ma’ruf menetap di stasiun Gondangdia hingga tahun 1963-1964. Tak berhenti sampai situ, tempat berjualannya kemudian pindah lagi ke Cikini Raya hingga tahun 1983.

Saat berada di Cikini Raya, tempat makan ini sudah berupa warung. Meski begitu, warung soto betawi Haji Ma’ruf ini tak sepi pembeli, bahkan rata-rata pelanggannya adalah orang elit, mengingat Cikini adalah daerah dekat dengan Mentang yang merupakan salah satu kawasan elit di Jakarta. Saat ini, soto betawi Haji Ma’ruf ini berlokasi di area Taman Ismail Marzuki (TIM). Walau dari depan keliatan kecil, kapasitasnya lumayan gede. Kira-kira bisa menampung 60 orang lebih.

Lezatnya Soto Betawi Haji Ma’ruf

Jika pada awalnya yang mengelola adalah Haji Ma’ruf sendiri, kini usahanya dikelola oleh penerusnya. Tentu saja tak lain adalah anak Haji Ma’ruf sendiri, Muchlis Ma’ruf. Muchlis Ma’ruf adalah putra ke-7 dari 10 putra putri H. Ma”ruf dan Hj. Maimunah Binti Ma’um. Bentuk tempat makan yang sekarang digunakan pun sangat sederhana, dan terdapat foto Presiden Jokowi bersama Jusuf Kalla yang sedang mampir ke soto H. Ma’ruf ini.

Sebagai pelengkap dari soto betawi ini, disana juga disediakan acar dan sambal. Untuk soto betawinya, terdiri dari kuah santan berisi potongan daging sapi yang cukup banyak dan taburan emping. Kuahnya gurih, daging sapinya juga empuk. Ada juga soto daging campur paru sebagai menu tambahan soto jenis lain. Untuk harga, Anda tidak perlu khawatir. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau. Seporsi soto betawi dihargai Rp. 36.000, 00.

Alamat Lengkap Soto Betawi H. Ma’ruf

Jika Anda tertarik dengan soto betawi Haji Ma’ruf ini, Anda dapat mengunjungi dan mencicipi cita rasa soto betawi dengan rasa yang beanr-benar khas betawi ini di Komplek Taman Ismail Marzuki (TIM), Jl. Cikini Raya 73, Jakarta Pusat. Setelah masuk pintu masuk parkir utama, letaknya ada di sebelah kiri. Atau Anda dapat menghubungi nomor telepon dari tempat makan Soto Betawi ini di 021-3148817 dan HP 0811160921. Soto Betawi Haji Ma’ruf ini buka dari jam 09:00 hinga jam 20:30.

Masih mencari soto betawi yang enak? Luangkan waktu Anda dan ajak pasangan, kerabat, maupun teman untuk mencoba soto betawi Haji Ma’ruf ini. Anda akan merasakan kenikmatan yang tak akan terlupakan. Mari tetap lestarikan makanan asli nusantara, salah satunya adalah soto betawi.

 

(Ratih Pratisti)

phuceng,minyak lintah,minyak lintah CHC,mesra perkasa

Comments

comments

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *