Thursday, 26 April 2018

Wajah Stasiun Manggarai Masa Depan.

jakartapintar.com – Stasiun Manggarai akan dipersiapkan menjadi stasiun transit yang terbesar untuk tiga tahun mendatang. Tidak hanya menjadi titik pertemuan antar relasi perjalanan KRL computer line, namun juga menjadi titik keberangkatan perjalana kereta jarak jauh dan kereta bandara Soekarno – Hatta.

Hal ini diungkapkan oleh Muhammad Nurul fadhila selaku Direktur Utama PT KAI Commputer Jabodetabek (KCJ) di Jakarta senin (28/12/2015). Fadhila mengungkapkan, dengan fungsi stasiun yang seperti itu, warga yang hendak bepergian ke luar kota dengan kereta api ataupun pesawat dapat menggunakan layanan KRL computer line terlebih dahulu dan kemudian transit di Stasiun Manggarai. Manggarai akan menjadi hub terbesar dan akan selesai pembangunannya dalam tiga tahun jika sesuai target, tambahnya.

Untuk kereta bandara, Stasiun ini memudahkan akses untuk menuju bandara Soekarno – Hatta ataupun sebalikanya tanpa terkendala macet. Untuk waktu tempuh naik kereta bandara, dari manggarai sampai Soekarno-Hatta ataupun sebalikya adalah 57 menit. “Dari bandara naik kereta sampai manggarai kemudian transit naik computer line.” Ujar Fadila.

Sedangkan untuk fungsinya sebagai stasiun kereta jarak jauh, Fadhila mengatakan hal tersebut tidak lepas dari pembangunan jarul rel dwiganda atau double-double track dari Cikarang sampai Manggarai yang saat ini masih berlangsung pembangunannya. Dengan adanya jalur tersebut, kereta jarak jauh tidak perlu lagi berbagi rel dengn KRL computer line baik yang tiba maupun berangkat dari stasiun. Seperti yang terjadi saat ini di jalur rel menuju Gambir.

“Kalau dipisah, perjalanan KRL jadi lebih tepat waktu. Untuk selanjutnya juga ada wacana untuk membuat jalur sendiri untuk kereta api jarak jauh dari Manggarai sampai Gambir.” Ujar mantan Direktur Utama PT Railink tersebut. Saat ini, aktivitas pembangunan si satsiun Manggarai telah dimulai. Menurut pantauan, pembangunan di awali dari pembangunan jalur rel sampai yang terbaru dan pembangunan trowongan untuk akses pejalan kaki yang ingin berpindah peron.

Comments

comments

just ordinary girl who like Korean boyband ! haha VIP & Ikonics !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *