Friday, 25 May 2018

Maret Ini, Jonan Janjikan Enam Trayek Tol Laut Bisa Beroperasi

jakartapintar.com – Ignasius Jonan selaku Menteri Perhubungan mengatakan bahwa pada bulan Maret mendatang, enam trayek tol laut akan mulai beroperasi. “Seharusnya bulan Maret mendatang sudah bisa jalan,” ujar Jonan setelah rapat kerja dengan Komisi V DPR, Jakarta, Selasa (27/1/2016) kemarin.

Menurut Jonan, disparitas (adanya ketimpangan atau perbedaaan pembangunan) harga bahan pokok di wilayah Barat atau wilayah Timur bisa ditekan sampai angka 30 persen. “Lebih dari itu (20 persen), sehingga terdapat kewajaran harga, dan harganya tidak naik turun ” tambahnya.

Sebelumnya, PT Pelni memprediksi bahwa potensi tingkat penurunan harga bahan-bahan pokok berada dalam kisaran 20-25 persen. Pada tahun 2015 kemarin, tiga trayek tolo laut yang sudah mulai dioperasikan adalah Kode Trayek T – 1 : Tanjung Perak – Tual – Fak fak – Kaimana – Timika – Kaimana – Fak fak – Tual -Tanjung Perak. (yang dioperasikan oleh KM Caraka Jaya Niaga III – 32).

Kemudian yang kedua, adalah dengan Kode Trayek T – 4 : Tanjung Priok – Biak – Serui – Nabire -Wasior – Manokwari – Wasior- Nabire – Serui – Biak – Tanjung Priok. (yang dioperasikan oleh KM Caraka Jaya Niaga Ill – 22).

Dan yang ketiga adalah Kode Trayek T -6 : Tanjung Priok – Kijang – Natuna – Kijang – Tanjung Priok (yang dioperasikan oleh KM Caraka Jaya Niaga III – 4). Bobby R Mamahit selaku Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub saat ditemui secara terpisah kemarin mengatakan bahwa terdapat kemungkinan akan ada sampai 13 trayek tol laut.

“Di masa depan akan ditambah lagi, mungkin sampai 13 trayek seperti kata Pak Menteri,” katanya. Menurutnya akibat konektivitas semakin kesini semakin lancar menyebabkan disparitas harga atau ketimpangan harga akan semakin menipis antara wilayah Barat dan Wilayah Timur.

Seperti yang sudah direncanakan oleh Jonan, pada bulan Maret mendatang enam trayek tol laut akan segera dioperasikan. Banyak juga yang berharap akan lancarnya pengoperasian trayek tol laut dan berharap semuanya berjalan dengan lancar tanpa adanya pengunduran waktu. (Nani Maryani)

Comments

comments

Tags

Seorang Mahasiswa di salah satu Universitas di Yogyakarta. Writing is Everything.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *