Tuesday, 13 November 2018

Menguatnya Dollar AS Sebabkan Harga Emas Dunia Turun

jakartapintar.com – Pada perdagangan Senin (21/9/2015) kemarin, emas berjangka pada divisi COMEX New York Mercantile Exchange kini telah ditutup lebih rendah akibat tertekan penguatan dollar Amerika Serikat.

Kontrak emas yang aktif pada pengiriman bulan Desember kini turun sebesar 5,00 dollar AS, atau sekitar 0,44 persen menjadi 1.132,80 dollar AS per ounce.

Keuntungan emas pada pecan lalu mulai terkikis karena penguatan dollar Amerika Serikat atau yang sering disebut dengan Greenback yang menyebabkan terhambatnya permintaan untuk emas. Saham Eropa dan saham AS yang naik pada Senin kemarin juga mampu menekan emas berjangka.

Kepala Cabang Federal Reserve St. Louis, James Bullard menjelaskan pada sebuah wawancara dengan CNBC pada hari Senin (21/9/2015) kemarin bahwa masih ada kesempatan untuk The Fed agar menaikkan suku bunganya pada pertemuan Oktober depan. Para ahli analis juga mencatat bahwa komentar tersebut sangat memberikan dukungan tambahan untuk dollar AS yang membebani emas dengan harga dollar AS.

Pada hari Jumat lalu emas berjangka naik secara tajam akibat keputusan yang dibuat oleh bank sentral AS untuk mempertahankan suku bunga tetap dan tidak berubah-ubah. Pada Jumat kemarin harga emas baik sebesar 1,86 persen sedangkan naik sebesar 3,13 persen dalam jangka waktu sepekan.

Untuk jenis logam selain emas seperti perak bertambah 5,80 sen atau 0,38 persen pada pengiriman Desember ditutup pada harga 15,221 dollar AS per ounce, sementara untuk jenis logam Platinum kehilangan 10,70 dollar AS atau 1,09 persen pada pengiriman bulan Desember ditutup pada harga 973,70 dollar AS per ounce.

Mengguatnya Dollar AS yang menyebabkan melemahnya harga emas dunia diharapkan mampu teratasi dalam waktu cepat agar perekonomian dunia kembali membaik. (Nani Maryani)

phuceng,minyak lintah,minyak lintah CHC,mesra perkasa

Comments

comments

Seorang Mahasiswa di salah satu Universitas di Yogyakarta. Writing is Everything.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *