Wednesday, 14 November 2018

Jokowi Tekankan Pentingnya Produk Dalam Negeri Termasuk Alutsista

jakartapintar.com – Rapat terbatas (ratas) demi membahas kekuatan TNI, termasuk mengenai pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) kemarin dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Jokowi sangat menekankan betapa pentingnya penggunaan produk dalam negeri dalam pengadaan alat utama sistem senjata.

“Saya menyadari bahwa untuk membangun TNI yang profesional dan disegani oleh masyarakat maupun mancanegara harus mampu memenuhi alutsista bagi ketiga matra secara terpadu. Saya berikan sedikit gambaran, bahwa anggaran TNI sekarang ini atau sebelumnya kurang lebih 0,89% dari PDB yang sebelumnya lagi sekitar 0,78% dari PDB dan sekarang 1,1%,” jelas Jokowi saat mengawali rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (23/2/2016) kemarin.

Presiden Jokowi menargetkan anggaran untuk TNI sekitar 1,5 % dari PDB atau sekitar Rp 250 triliun pada tahun yang akan datang. Akan tetapi, Jokowi memberi syarat bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia harus mencapai 6 % terlebih dahulu agar bisa meningkatkan anggaran untuk TNI.

“Untuk kedepannya kalau pertumbuhan ekonomi terus mengalami kenaikan, paling tidak di atas 6% akan muncul 1,5% dari PDB, ini merupakan sebuah angka yang cukup besar, kurang lebih bisa mencapai Rp 250 T,” tambah Jokowi.

“Masalah ini harus mulai diantisipasi dari sekarang, artinya tetap harus ada perencanaan yang matang, betul-betul matang, betul-betul detail, betul-betul rinci sehingga anggaran dan uang itu betul-betul digunakan dengan baik, tepat guna dan terdesain secara baik dari awal,” imbau Jokowi.

Jokowi, salah satu presiden yang memberikan perhatian khusus terhadap penggunaan produk-produk dalam negeri termasuk dalam hal pengadaan alat utama sistem senjata karena menurutnya hal tersebut merupakan salah satu rencana strategi pembangunan kekuatan negara kita kedepannya.

“Mengenai penggunaan produk-produk dari dalam negeri, ini sangat penting sekali dan saya lihat belanja-belanja yang ada memang porsinya sudah baik. Belanja barang dan belanja alutsista sudah baik, tetapi sekali lagi saya tekankan bahwa perencanaan detail dalam sebuah strategi pembangunan kekuatan kita, akan menggambarkan seperti apa yang kita inginkan ke depan,” jelasnya.

(Nani Maryani)

phuceng,minyak lintah,minyak lintah CHC,mesra perkasa

Comments

comments

Seorang Mahasiswa di salah satu Universitas di Yogyakarta. Writing is Everything.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *