Thursday, 20 September 2018

Membangun Hutan di Jantung Kota Jakarta, Bisakah ?

jakartapintar.com – Hutan di Ibu kota Jakarta mungkin masih bisa ditemukan. Tetapi, biasanya hutan tersebut berada di pinggiran kota dan hutannya pun tidak begitu luas sehingga orang Jakarta apalagi mereka yang kantoran mungkin juga merasa malas untuk mampir menikmati tumbuhan-tumbuhan hijau di hutan tersebut yang bahkan kebanyakan tidak terawat.

Berbahagialah warga Jakarta karena kabarnya akan ada rencana pembangunan hutan kota tepat di Jantung Kota Jakarta di sisi Jl Sudirman. Jika dibandingkan dengan kota seperti New York yang memiliki Central Park, Jakarta mungkin telat menyadari bagaimana manfaatnya. Central Park di kota New York sendiri seringkali disambangi oleh orang-orang kantoran untuk bersantai saat makan siang.

Jika pembangunan hutan sudah selesai, mungkin orang kantoran akan makan siang dan menghabiskan waktu istirahat di hutan kota. Rencananya hutan kota ini akan ditanami dengan tanaman-tanaman dan pohon-pohon langka. Lokasi hutan ini sebelumnya merupakan driving range golf senayan yang memiliki luas sekitar 4,6 hektar.

“Saya dan Sesneg akan mengembalikan lokasi tersebut sesuai dengan fungsinya,” kata Direktur utama Pusat pengelolaan komplek GBK, Winarto yang ditemui di kantornya, di komplek Senayan, Jakarta, Selasa (23/2/2016) kemarin.

Winarto sendiri menginginkan lokasi latihan golf tersebut bisa menjadi ruang terbuka hijau atau hutan kota sejalan dengan Perda Gubernur No 1 tahun 2014 mengenai rencana dasar tata ruang, maka dari itu lokasi tersebut akan dikembalikan sesuai dengan fungsinya.

Kabarnya Winarto sudah menemui pihak pengelola driving range pada bulan Januari kemarin. Ia menyebutkan bahwa, Ia menemui Sandiaga Uno selaku pengelola driving range dan Sandiaga menyambutnya dengan baik dan kooperatif.

“Mereka itu baik banget dan kooperatif. Meski mau ditutup, mereka tetap baik, koperatif. Mereka menyelesaikan penutupan dengan profesional. Setahu saya kalau Pak Sandiaga Uno itu memang orang yang profesional,” jelasnya.

Dukungan mengenai rencana pembangunan ini datang dari mana-mana dan driving range juga akan segera ditutup dan akan dibangun kota yang nantinya akan menjadi paru-paru Jakarta. Jika MRT sudah jadi maka akses dari stasiun akan tersambung dengan hutan kota Jakarta.

(Nani Maryani)

Comments

comments

Seorang Mahasiswa di salah satu Universitas di Yogyakarta. Writing is Everything.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *