Monday, 20 August 2018

Wilayah Jakarta Utara Masuk Daftar Kota Terkorup, Apa Pendapat Wali Kota ?

jakartapintar.com – Menurut survey yang berjudul “Corruption Perception Survey” oleh Lembaga Transparcy Internasional Indonesia (TII) Periode 20 Mei hingga 17 Juni 2015 menyatakan bahwa Jakarta Utara atau Jakut ternyata masuk dalam deretan wilayah atau kota terkorup di Indonesia.

Mengenai hal tersebut,Rustam Effendi sebagai Wali Kota Jakarta Utara menanggapi dan menilai bahwa hal tersebut hanya sebatas persepsi.

“Biasa saja. Itu kan persepsi. Persoalannya, di Jakut kan bukan pemerintah kota (pemkot) saja. Kan ada lembaga lain juga,” tanggap Rustam.

Menurut Rustam yang terpenting adalah pihaknya sudah berkomitmen untuk bebas korupsi. Ia mengatakan bahwa diinstansinya tidak ada masalah korupsi karena seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sudah diinstruksikan dan diperintahkan untuk menghindari korupsi bagaimanapun juga.

“Yang penting Pemkot komitmen bebas korupsi. Sejauh ini, enggak masalah. Mungkin, yang bermasalah lembaga lain,” ujar mantan Camat Petamburan, Jakarta Barat tersebut.

Rustam sendiri juga meminta masyarakat untuk tidak segan-segan melaporkan apabila menemukan kasus layanan di wilayahnya. Rustam juga mengakui bahwa pelayanan dirasa belum memuaskan di Instansi Pemkot Jakarta Utara.

Survei presepsi ini sendiri adalah upaya yang dilakuakn oleh TII untuk memetakan korupsi dan melihat seberapa efektifnya program anti korupsi di tingkatan wilayah local dan pada tahun ini TII mengukur bagaimana presepsi terhadap korupsi di 11 kota. 11 kota tersebut adalah diantaranya Jakarta Utara, Bandung, Semarang, Surabaya, Padang, Medan, Pekanbaru, Makassar, Manado, Pontianak, dan Banjarmasin. TII mewawancarai sekitar 1.100 pengusaha yang berasal dari 11 kota tersebut dan berdasarkan parameter skala 0 dalam artian sangat korup sampai pada angka 100 dalam artian bersih. Jakarta Utara memiliki skor 57 dan berada pada urutan keenam dari wilayah lainnya. Hasil survey ini menyatakan Bandung sebagai kota yang paling korup di Indonesia karena memiliki skor 39.

Comments

comments

Seorang Mahasiswa di salah satu Universitas di Yogyakarta. Writing is Everything.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *