Thursday, 20 September 2018

Mengenal Lebih Dekat Sosok Ganjar Pranowo

jakartapintar.com – Sosok Ganjar Pranowo tentu tidak asing didengar, terutama bagi masyarakat Jawa Tengah. Gubernur Jawa Tengah periode 2013 – 2018 ini dikenal sebagai sosok yang cerdas, percaya diri, dan pintar bicara. Ganjar Pranowo telah aktif berorganisasi sejak mahasiswa tahun 1992.

Ganjar lahir di Karang Anyar pada 28 Oktober 1968. Pria lulusan Fakultas Hukum di Universitas Gajah Mada ini adalah anggota Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di jaman Orde Baru. Namun, setelah Suryadi memimpin dan mengambil alih posisi Megawati Sukarnoputri, Ganjar memutuskan untuk keluar.

Selepas keluar dari partai berlambang banteng tersebut Ganjar mulai menekuni bisnisnya sebagai konsultan sumber daya manusia. Dibalik sosoknya yang murah senyum ini ternyata Ganjar hobi mendengarkan lagu rock sejenis Dream Theater, Metallica, dan Led Zeppelin untuk menghilangkan stress yang melandanya. Di samping itu, ia juga banyak belajar dari ikon-ikon politik tanah air termasuk Megawati dan Soetardjo Serjogoeritno, yang kian mempertajam kemampuan intelektualnya.

Pada akhirnya, suami dari Siti Atikoh Supriyanti ini memantapkan diri bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) bersama Megawati. Ia bahkan melakukan pelantikan untuk kader PDI-P di awal 2003, sebelum akhirnya menjadi kandidat dalam pemilu legislatif di tahun 2004 dari daerah pemilihan Jawa Tengah 7. Sayangnya pada kesempatan tersebut Ganjar kalah tipis. Namun setelah kandidat di atasnya terpilih sebagai duta besar, ia pun menggantikan posisi tersebut dan duduk di bangku DPR RI Komisi IV.

Pria lulusan SD dan SMP Kutoarjo Jawa Tengah serta menghabiskan masa SMA nya di SMA BOPKRI Yogyakarta ini pun mulai yakin untuk berkancah di ranah politik. Ia dinilai sebagai politikus yang berprinsip. Pada pemilu tahun 2009 ia kembali terpilih dan dipercaya menduduki jabatan Wakil Ketua Komisi II untuk urusan dalam negeri hingga 2014, serta panitia angket pengusutan kasus Bank Century.

Ayah satu anak ini tak hanya aktif di bidang politik, namun juga dalam pekerjaan lain, yaitu di kantor hukum dan bisnisnya seperti di PT Prastawana Karya Samitra dan PT Semeru Realindo Inti. Politisi yang ikut merampungkan Undang Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta itu memutuskan untuk maju dalam ajang Pemilihan Gubernur Jawa Tengah dengan dukungan jajaran Dewan Pimpinan Daerah PDI-P Jawa Tengah.

Pasangan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2013 – 2018 pada 23 Agustus 2013. Dalam proses pelantikan itu Ganjar mendapat tanda pangkat jabatan dan kata-kata pelantikan, serta melakukan penandatanganan pakta integritas dan penandatanganan berita acara serah terima jabatan.

Riwayat Pendidikan

  • SD Kutoarjo, Jawa Tengah.
  • SMP 1 Kutoarjo, Jawa Tengah.
  • SMA BOPKRI, Yogyakarta.
  • Fakultas Hukum UGM, Yogyakarta.

Riwayat Pekerjaan

  • Konsultan SDM PT Prastawana Karya Samitra.
  • Anggota DPR RI Komisi II periode 2009 – 2014.
  • Gubernur Jawa Tengah periode 2013 – 2018.

Comments

comments

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *