Saturday, 23 June 2018

10 Tips Hadapi Tingginya Suhu dan Cuaca Panas Jakarta

jakartapintar.com – Musim kemarau tahun ini memang sangatlah panas apalagi di kota yang terkenal penuh penduduk dan terkenal sebagai kota yang paling sibuk di Indonesia yaitu Jakarta. Akhir-akhir ini temperature udara naik selama sepekan lebih, cuaja juga semakin panas di siang hari seolah-olah matahari tepat berada ditas kepala kita ditambah dengan tiupan angina kering yang menerbangkan debu dan kotoran melalui udara.

Berikut merupakan 10 tips untuk menghadapi tingginya suhu udara di Kota Jakarta.

  1. Perbanyak minum air putih. Meminum air putih sebanyak 2-4 gelas dalam satu jamnya merupakan langkah sederhana agar Anda terhindar dari dehidrasi berat di siang hari. Hindarilah minuman yang mengandung kafein serta alcohol yang justru akan memperparah dehidrasi.
  2. Berada di dalam ruangan yang sejuk. Untuk menemukan ruang terbuka yang sejuk di daerah Jakarta memang amat susah. Jadi satu-satunya alternative yaitu mencari ruangan yang ber-AC, beristirahatlah selam 2 jam atau lebih di ruangan ber-AC untuk mengurangi kemungkinan munculnya penyakit yang ditimbulkan oleh hawa panas.
  3. Merencanakan kegiatan di luar ruangan dengan baik. Apabila memang terpaksa harus keluar, maka keluarlah sebelum tengah hari atau keluar pada malam hari. Pada saat-saat tersebut cuaca tidak akan terlalu panas. Hindari juga aktivitas yang berlebihan dan jadwalkan pada waktu-waktu tersejuk yang ada.
  4. Berikan watu bagi tubuh untuk beristirahat. Akibat cuaca panas yang ada, cobalah untuk mengurangi kegiatan fisik agar tubuh bisa menyesuaikan dengan panasnya udara maka berbaringlah untuk sejenak.
  5. Hindari makanan yang berat dan makanan porsi besar. Makan dengan porsi yang kecil lebih mudah dicerna oleh usus. Hindari juga memakan makanan yang mengandung protein tinggi karena makanan tersebut mampu meningkatkan panas dalam tubuh.
  6. Pilihlah pakaian dengan warna putih atau warna terang. Hal tersebut bisa memantulkan cahaya matahari karena jika mengenakan pakaian gelap justru akan menyerap panas yang lebih.
  7. Gunakanlah tabir surya untuk mencegah kulit terbakar karena apabila kulit terbakar matahari dalam jangka waktu lama maka akan sulit bagi tubuh untuk menyejukkan diri kembali.
  8. Jangan pernah meninggalkan anak-anak didalam mobil tanpa penjaga walaupun hanya untuk beberapa menit karena temperature didalam mobil dapat meningkat hingga berkali-kali lipat dalam waktu beberapa menit.
  9. Cara lainnya dalah dengan menggunakan kipas angin. Walapun kipas angina tidak bisa menurunkan suhu atau temperature akan tetapi kipas angina dapat membantu menurunkan suhu tubuh dengan mensirkulasi udara.
  10. Pakailah paying bagi wanita jika ingin keluar rumah dan bagi laki-laki bisa menggunakan topi untuk mengurangi kontak langsung dengan matahari.

 

Comments

comments

Seorang Mahasiswa di salah satu Universitas di Yogyakarta. Writing is Everything.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *