Monday, 20 August 2018

9 Prinsip Sukses Alm. Bob Sadino Yang Masih Melekat

jakartapintar.com – Pada Januari lalu dunia bisnis Indonesia kehilangan salah satu tokoh besar dalam dunia bisnis yaitu, Bob Sadino. Beliau adalah pebisnis yang gigih, nyentrik, sederhana , dan terkenal sebagai pemilik jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Bob Sadino atau yang biasa di panggil “Om Bob” adalah orang yang selalu memberikan pelajaran penting mengenai dunia usaha kepada para pemula-pemula. Meski kini Ia sudah taka da lagi di dunia akan tetapi pelajaran dari Bob Sadino terus saja menjadi penyemangat bagi yang baru memulai usahanya ataupun yang sedang menjalankan usaha.

Berikut merupakan 9 prinsip yang dipegang oleh Bob Sadino mengenai kesuksesan dalam dunia usaha.

1.Jika orang lain sibuk dengan target, maka Bob Sadino perjalanan menuju sukses justru tidak memiliki tujuan.
Bob Sadino adalah orang yang tidak terlalu suka dengan terlalu banyak membuat target karena Ia lebih suka untuk menjalaninya secara langsung. “Karena adanya tujuan, maka seseorang hanya tertuju pada satu titik yang namanya tujuan. Dia tidak akan berusaha mencoba untuk mendapatkan hasil yang melebihi titik tersebut. Padahal potensi setiap orang sangat mungkin melewati titik tersebut. Jadi disayangkan kemampuan saya, bila harus dipaku oleh tujuan.” Ujar Bob saat ditanya tentang prinsip ini.

2.Bagi Bob Sadino rencana adalah bencana. Gunakan prinsip “mengalir saja”
“Rencana tersebut hanya berlaku buat mereka yang kesehariannya belajar manajemen. Dari A, B, C, D, sampai Z. Padahal dalam bisnis tidak ada yang seperti itu, bisnis tersebut tidak mungkin lurus dan urut. Tapi sayangnya di sekolah kita sudah terlalu sering diajarkan bikin rencana. Padahal rencana itu adalah racun, bencana!” kata Om Bob. Bob mengatakan hal seperti itu karena dulu masa suksesnya dimulai ketika Ia menetap di Belanda selama 9 tahun kemudian bekerja di sebuah perusahaan pelayaran, dan berlih ke usaha peternakan ayam. Apakah semuanya direncanakan ? “Tidak.” Jawabnya.

3.Walaupun dilahirkan sebagai orang kaya, jangan menjadikan sombong dan santai-santai. Jadi supir mobil sewaan, kuli bangunan, Sampai Pedagang Telur Pernah Dilakoninya
Menjadi anak bungsu yang mendapat seluruh harta warisan dari kedua orang tuanya karena saudara nya dianggap sudah mampu tidak membuat Bob Sadino menjadi keras kepala. Ia bahkan rela bekerja menjadi apapun asalkan bisa menghidupi Ia dan keluarganya. Pada saat itu Bob Sadino bahkan pernah menjadi tukang batu dengan diberi upah Rp 100,00 per hari setelah itu Ia mulai menjalankan bisnis telur ayam negeri. Baginya duduk manis dengan uang warisana adalah hal yang sangat memalukan.

4.Jangan mencari untung dan berhasil dalam bisnis, carilah gagal dan rugi !
Saran-saran yang Ia berikan memang terkadang terkesan aneh dan tidak masuk akal. Seperti yang satu ini.
“Orang sudah terlalu terbiasa berpikir secara linier. Kalau mau usaha, pasti mencari untung; mencari berhasil. Padahal dalam usaha itu ya pasti ada rugi dan gagal kan? Bagi kamu yang mau berhasil, justru cari kegagalan sebanyak-banyaknya. Sebab keberhasilan itu hanyalah sepertih titik di puncak gunung kegagalan.” Bahkan Bob dalam bukunya “Belajar Goblok dari Bob Sadino” selalu memiliki jawaban atas saran diatas.

5.Jika benar-benar ingin berusaha maka lakukan saja, untuk urusan hitung-hitungan tidak usah dipikirkan.
“Kelemahan dari kebanyakan orang adalah terlalu banyak mikir membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah. Padahal yang penting adalah usaha dan action!” Ia juga memberikan jawaban menganai sudut pandangnya tentang untung dan rugi, yaitu : “Jika kita mencari untung duluan, usaha belum tentu dilakukan karena takut rugi. Tapi kalau mencari rugi, usaha pasti dilakukan karena ga takut untung.”

6.Kuliah hanya akan mengajarkan untuk tahu sedangkan jalanan mengajarkan untuk bisa jadi perasa.
“Teori itu cuma sebuah informasi basi.” Baginya kuliah adalah kesia-siaan dan hanyalah memasukkan sampah ke otak. “Kalau mahasiswa IPK nya sudah 3 koma itu nanti jadi karyawan saja lah. Kalau mau jadi pengusaha, IPK jeblok saja. Karena dengan begitu mau tak mau kamu akan ditolak perusahaan dan terpaksa membuka usaha sendiri.” Jawab keras Bob Sadino apabila ditasnya mengenai pengaruh IPK terhadap kesuksesan. Ia berkata begitu karena pengalamannya sendiri di lapangan.

7.Bukti kecerdikan Bob Sadino seperti Kemfood dan Kemchick. Cara terampuh adalah dengan menciptakan pasar sendiri.
Untuk sukses tidak perlu membuka usaha yang sedang nge-trend dan rasional menurut masyarakat. Dahulu saat memulai usahanya Ia selalu dianggap seperti “orang gila” karena melakukan usaha yang menurut orang lain tidak akan berhasil seperti usaha telur nya. Karena kegigihan Bob Sadino dan pelayanan yang prima, pelan-pelan bisnis Bob pun berkembang pesat.

8.Jadilah diri sendiri meskipun Anda sudah berhasil
“Mending mana? Saya pakai celana pendek tapi beli pakai uang sendiri atau celana panjang tapi memakai uang rakyat? Hahahahaha.” Bob Sadino adalah seorang pengusaha sukses yang selalu tampil sederhana dengan memakai celana pendek dan sandal jepit. Baginya style diri sendiri harus tetap dipertahankan bagaimanapun juga.

Comments

comments

Seorang Mahasiswa di salah satu Universitas di Yogyakarta. Writing is Everything.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *